Tomiyasu keluhkan jadwal Piala Asia yang berlangsung di Januari

Jakarta (ANTARA) – Pemain bertahan Arsenal Takehiro Tomiyasu, mengeluhkan jadwal Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung di Januari karena bertabrakan dengan jadwal kompetisi reguler.

Bukan hanya terkait dengan Piala Asia 2023, pemain timnas Jepang tersebut mengeluhkan jadwal dari Piala Afrika yang sama-sama akan berlangsung pada bulan yang sama.

“Saya tidak tahu mengapa kami bermain di bulan Januari, tidak hanya Piala Asia tetapi juga AFCON. Itu tidak baik untuk para pemain. Tapi begitulah yang terjadi dan saya akan benar-benar mencoba untuk kembali dengan merebut gelar juara,” kata Takehiro Tomiyasu mengutip laporan London Evening Standard, Rabu.

Tomiyasu menyerukan agar Piala Asia dan Piala Afrika untuk beralih jadwal ke akhir musim domestik Eropa agar tidak bertabrakan dengan jadwal kompetisi domestik.

Kedua turnamen tersebut berlangsung pada Januari, yang memaksa sejumlah pemain untuk menjauh dari klub mereka selama beberapa minggu. Piala Asia telah berlangsung pada Januari sejak 2011.

Turnamen Piala Asia seharusnya dijadwalkan berlangsung pada musim panas, namun berubah jadwal disebabkan oleh COVID yang mengharuskan berpindah tuan rumah dari China ke Qatar. Selain itu jadwal dipindahkan ke Januari karena menyesuaikan suhu panas di kawasan Timur Tengah.

“Saya ingin Piala Asia dimainkan pada bulan Juni, sama dengan Euro, “kata Tomiyasu.

Tomiyasu yang akan membela timnas Jepang bakal bersaing di Grup D Piala Asia 2023. Di grup D, tim Samurai Biru akan bersaing menghadapi Indonesia, Irak, dan Vietnam.

Piala Asia 2023 dijadwalkan akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Baca juga: Timnas lakoni tiga laga pada fase penyisihan grup Piala Asia 2023

Baca juga: Mitoma masuk skuad Jepang untuk Piala Asia meski masih cedera

READ  Pengiriman Surat Suara di Taipei Harus Jadi Evaluasi Serius

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *