Sertifikasi smartphone tahan air IP67 dan IP68

Berikut adalah ulasan Smartphone yang tahan air menurut Teknologi Milenial

Cara membaca Kode Sertifikasi HP

HP yang sudah memenuhi sertifikasi tahan air selalu disertai kode berupa karakter IP, karakter ini adalah singkatan dari Ingress Protection.

Kode angka di bagian depan adalah tingkat ketahanan pada benda padat (seperti misalnya : debu, anggota tubuh dan benda keras lainnya). Kode angka di bagian belakang adalah tingkat ketahanan pada material cair.

Ketahanan HP terhadap perubahan kondisi atau kejadian disekitar sangat mempengaruhi daya tahan Ponsel.
Misalnya para penggemar kegiatan outdoor apalagi yang ekstrem akan lebih membutuhkan Ponsel dengan ketahanan yang lebih dibandingkan ponsel pada umumnya.
Istilah “water resistant” atau “waterproof” bisa diketemukan pada smartphone terbaru dari berbagai merk baik dari Apple maupun Android, seperti : iPhone, Samsung, Sony, Kyocera, Sonim, atau CAT.
Water resistant adalah ketahanan smartphone terhadap percikan air (misalnya air hujan atau tumpahan air minum).
Waterproof adalah ketahanan smartphone hingga mampu untuk ditenggelamkan ke dalam air dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara membaca Kode Sertifikasi Huruf

Penentuan seberapa tahan suatu smartphone terhadap air ditunjukkan oleh nilai IP atau rating MIL-STD.
IP atau Ingress Protection adalah standar yang digunakan untuk menentukan seberapa tahan smartphone terhadap gangguan dari luar, seperti ketahanan fisik, suhu, tekanan udara, air dan lain sebagainya.

Cara membaca Kode Sertifikasi Angka Pertama

Angka Pertama Sertifikasi IP Pada Smartphone Tahan Air IP atau Ingress Protection adalah nilai yang menunjukkan kemampuan smartphone untuk mencegah benda asing, seperti cairan dan partikel debu masuk ke dalam smartphone.
Kode angka pertama menunjukkan tingkat ketahanan perangkat elektronik terhadap berbagai material padat seperti anggota tubuh, benda keras, debu dan lainnya.

Angka 0 atau X
Tingkat Ketahanan : Tidak memiliki perlindungan sama sekali terhadap material padat

Angka 1
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 50 mm, seperti bagian belakang telapak tangan.

Angka 2
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 12.5 mm, seperti jari tangan.

Angka 3
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 2.5 mm, seperti kawat yang tebal, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Angka 4
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 1 mm, seperti kawat, obeng, baut, dan lainnya.

Angka 5
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga debu. Walaupun masih ada debu yang bisa masuk, namun jumlahnya tidak akan sampai mengganggu kinerja perangkat tersebut.

Angka 6
Tingkat Ketahanan : Memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga mampu menahan debu secara keseluruhan.

Cara membaca Kode Sertifikasi Angka Kedua 

 

Kode angka kedua sertifikasi IP menunjukkan ketahanan suatu perangkat elektronik terhadap resapan air.

Angka 0 atau X
Ketahanan : sama sekali tidak memiliki perlindungan terhadap air.

Angka 1
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 1 mm per menit.

Angka 2
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal ketika perangkat ini dimiringkan pada kemiringan 15 derajat selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 3 mm per menit.

Angka 3
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap percikan air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 0.7 liter per menit pada tekanan 80 100 kPa.

Angka 4
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap guyuran air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 10 liter per menit pada tekanan 80 100 kPa.

Angka 5
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap semprotan air dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 12.5 liter per menit pada tekanan 30 kPa dari jarak 3 meter.

Angka 6
Ketahanan : Memiliki perlindungan terhadap semprotan air yang kuat dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 100 liter per menit pada tekanan 100 kPa dari jarak 3 meter.

Angka 7
Ketahanan : Mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam 1 meter dalam jangka waktu 30 menit.

Angka 8
Ketahanan : Mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam lebih dari 1 meter dalam jangka waktu yang ditentukan oleh manufaktur.

Cara membaca Kode Sertifikasi Huruf Tambahan 

 

Arti Huruf Tambahan di Kode sertifikasi IP atau Ingress Protection memiliki sebutan perlindungan tambahan.

f
Arti Huruf : Tahan terhadap minyak

H
Arti Huruf : Perlindungan terhadap tegangan tinggi

M
Arti Huruf : Bergerak saat ujicoba

S
Arti Huruf : Tidak ada gerakan selama pengujian

W
Arti Huruf : Tahan terhadap berbagai cuaca

Sejauh ini, smartphone Android high-end punya sertifikasi IP68. Sebut saja, jajaran flagship terbaru Samsung seperti Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, dan Galaxy Note 7. Lalu, Sony dengan jajaran Xperia Z5, dan Xperia seri X terbaru seperti Xperia X Performance dan Xperia XZ.

Contoh Produk Smartphone dengan sertifikasi IP67 dan IP68 :

Sertifikasi ip67
IP67 dust/water resistant (up to 1m for 30 mins)

Artinya, ponsel tersebut sanggup berada di dalam air kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Beberapa Smartphone berikut memiliki fitur IP67 :

1. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL
Kedua ponsel dirilis tahun 2017

2. HTC U11
smartphone asal Taiwan, desain Liquid Surface, HTC U11 Life memiliki kemampuan tahan debu dan air.

3. HUAWEI Mate 10 Pro dan Mate 10 PORSCHE DESIGN
Kedua ponsel dirilis tahun 2017

4. Apple iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Apple iPhone X
Apple iPhone 7 dan 7 plus rilis tahun 2016, disusul Apple iPhone 8, 8 plus dan iPhone X rilis tahun 2017.

Sertifikasi ip68

IP68 dust/water proof (up to 1.5m for 30 mins)
Ponsel ini memiliki sertifikasi IP68 yang artinya tahan air dan akan bisa bertahan dalam air di kedalaman hingga mencapai 1,5 meter selama 30 menit
IP68. Artinya, ponsel tersebut sanggup berada di dalam air kedalaman 1,5 meter selama 30 menit serta tahan debu

1. Samsung Galaxy : Note 8, S7, S7 edge, S8, S8+, Note FE, S10, S10+

Sesi Samsung experience pada saat peluncuran phablet Samsung Galaxy Note 8 di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat tahun 2017, Samsung membuktikan kemampuan anti-air dan debu dengan sertifikasi IP68. Seorang pengguna bisa menggunakan Galaxy Note 8 hingga kedalaman 5 meter selama maksimal 70 menit tanpa menggunakan pelindung. Bahkan di dalam air pun bisa menggambar apa saja menggunakan S Pen (pena digital).

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge rilis tahun 2016
Samsung Galaxy S8, Galaxy S8+, Galaxy Note FE, Galaxy A5(2017) dirilis tahun 2017

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ rilis pada tahun 2018.
Berikut tips dari situs resmi samsung untuk mencegah kerusakan pada perangkat yang rilis di tahun 2018 ini dan untuk membantu mempertahankan performa tahan air dan debunya :
• Jangan merendam perangkat di dalam air dengan kedalaman melebihi dari 1,5 meter.
• Jangan terendam dalam air pada kedalaman kurang dari 1,5 meter dengan lama waktu melebihi 30 menit.
• Jangan terkena air yang bergerak dengan kencang, seperti : air dari keran, ombak laut air terjun
• Ketika mengeringkan perangkat yang basah, gunakan kain bersih yang lembut.
• Jika perangkat terkena cairan selain air tawar (air asin, air ion, dll.), segera bilas dengan air tawar yang tidak mengalir dan keringkan dengan kain bersih yang lembut. Jika tidak, garam dapat terakumulasi dan menutupi earpiece utama dan speaker eksternal ketika mengering.
• Ketika mengeringkan perangkat , pastikan menepuk earpice (bagian atas depan ponsel), mikrofon utama (bawah), speaker eksternal (belakang), dan konektor interface daya/aksesori (USB) dengan kain bersih yang lembut untuk menghilangkan air sebanyak mungkin.
• Setelah mengeringkan ponsel Anda, biarkan untuk terkena udara sebelum membuat panggilan telepon. Menelepon ketika ponsel masih basah atau ketika masih ada air di mikrofon mungkin akan memperkecil volume yang didengar oleh orang yang Anda telepon.
• Jika perangkat terjatuh atau terkena benturan, fitur tahan air dan debu mungkin akan rusak. Kerusakan fisik pada ponsel Anda, seperti pecah atau retak dapat mengurangi kemampuannya secara signifikan untuk bertahan dari debu dan air.

Tahun 2019 Samsung kembali merilis ponsel tahan air yaitu : Samsung Galaxy S10 dan S10+

2. Sony Xperia Z5 , XZ1
Sony Xperia XZ1 rilis tahun 2017.
Ponsel Sony Xperia Z5 rilis tahun 2015, Pihak Sony mengatakan bahwa garansi ponsel ini akan hilang jika diketahui telah dibawa berendam pada lokasi yang tidak sesuai ketentuan.
Jika penutup slot SIM card dan microSD tidak ditutup dengan benar maka Xperia Z5 tidak lagi tahan debu dan air, namun port micro USB yang berada di bawah ponsel diperbolehkan untuk dibiarkan terbuka ketika dibawa ke area yang berair. Namun jika ingin mengisi ulang baterai setelah ponsel ini terendam air, port micro USB ini perlu untuk dikeringkan terlebih dahulu.

 

3. LG V30
Tahun 2017, LG memperkenalkan LG G6 dan LG V30 yang siap bersaing dengan Galaxy S8 untuk kategori Smartphone tahan air. Tahun 2018 dirilis LG V40 ThinQ.

4. Google Pixel 3 , Pixel 3 XL

Tahun 2018 Google meluncurkan Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

5. Huawei Mate 20 Pro
Rilis tahun 2018

Referensi :
https://www.cnnindonesia.com
https://jalantikus.com

https://www.gsmarena.com
http://makassar.tribunnews.com
https://www.samsung.com
https://www.droidlime.com
https://review.bukalapak.com

Klik Mania – Will Inspires You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *