Mengenal Dunia Property dan Real Estate

Industri di bidang Real Estate atau Property saat ini cukup berkembang pesat dan menjanjikan di negara kita. Tidak hanya banyak orang ingin menginvestasikan modalnya, tapi para pencari kerja pun sangat banyak yang tertarik untuk berkarier disini.

Namun pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai berbagai perusahaan properti tersebut. Biasanya dalam sesi interview, perusahaan acap kali menanyakan kepada pelamar tentang perusahaan mereka. Hal ini wajar karena pelamar yang sudah tahu banyak mengenai perusahaan yang dilamar adalah pelamar yang benar-benar tertarik untuk bergabung dan kemungkinan besar akan loyal setelah diterima bekerja disana.
Sebagaimana hasil riset dari Perusahaan riset real estate JLL Research, mereka memprediksi bahwa volume transaksi properti atau real estate di Asia Pasifik tumbuh 5 persen, berkisar US$ 135 miliar – US $ 140 miliar di 2018. Riset lain dari Jobplanet pada bulan April hingga Juni 2017, mereka menyatakan bahwa industri konstruksi dan bangunan (yang meliputi perusahaan-perusahaan pengembang properti) masuk dalam daftar industri yang paling menarik perhatian pencari kerja.
Berikut ini adalah beberapa perusahaan di bidang property papan atas (yang menurut informasi dari berbagai sumber adalah tempat kerja bergaji diatas rata rata atau boleh dibilang tertinggi di Indonesia) :
PT Summarecon Agung Tbk
    Summarecon menancapkan lini usahanya di berbagai daerah seperti : Kelapa Gading, Serpong, Bekasi, Karawang, Bandung.
    Beberapa kesan mengenai pengalaman bekerja di APLN menurut pengakuan para karyawannya sebagaimana dilansir di Job-Like.com :
– “Hubungan antar karyawan yang terjalin dengan sangat baik, menghasilkan tim kerja yang memiliki kerjasama tim yang baik dan kompak juga.”
– “sistem pengupahan yang sesuai dengan jenjang pendidikan, gaji selalu diberikan tepat pada waktunya, budaya perusahaan bagus sehingga baik untuk pengembangan diri karyawan.”
– “Jenjang karir sudah jelas, gaji dan tunjangan yang didapatkan juga cukup besar, budaya perusahaan keluarga juga terlaksana dengan baik dan benar.”
– “Adanya lingkungan kerja bersifat kekeluargaan sehingga terciptanya keharmonisan antar karyawan, jenjang karir yang jelas, gaji dan tunjangan pun diberikan dengan layak.”
– “Perusahaan menyediakan koperasi bagi para karyawannya. selain itu perusahaan juga sangat peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar lokasi perusahaan.”
PT Agung Podomoro Land
    PT Agung Podomoro Land (APLN) masuk ke dalam jajaran perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia. Perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 24 anak usaha dengan proyek yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Pun juga telah menyelesaikan lebih dari 50 proyek properti besar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
    Keuntungan dan fasilitas untuk karyawan antara lain : gaji yang bersaing, tunjangan yang lengkap, pelatihan atau training disediakan oleh perusahaan untuk pengembangan diri para karyawan.
    Beberapa kesan mengenai pengalaman bekerja di APLN menurut pengakuan para karyawannya sebagaimana dilansir di Jobplanet :
“Asuransinya melebihi ekspektasi, lingkungan kantor menyenangkan karena rata-rata karyawan masih muda sehingga mereka sangat supel bergaul.” sumber : Karyawan Marketing
“Perusahaan yang cukup bagus. Sangat solid antar departemen. Memperhatikan kebutuhan karyawan yang memerlukan ilmu lebih dari training-training yang bermanfaat.” sumber : Karyawan HR/Admin
PT Agung Sedayu Group 
    Visinya “One-stop living” dalam setiap proyek yang dikembangkan. Perusahaan ini cukup populer dengan melakukan promosi yang cukup gencar. 
    Fasilitas dan benefit bagi karyawan berupa kenaikan gaji berkala setiap tahun, asuransi, tunjangan nikah dan melahirkan.
    Beberapa kesan mengenai pengalaman bekerja di Agung Sedayu Group menurut pengakuan para karyawannya sebagaimana dilansir di Jobplanet :
 “Mendapatkan jaminan kesehatan, mendapatkan tunjangan nikah dan melahirkan. Lingkungan kerja yang cukup kondusif.” sumber : Karyawan Customer Service
“Adanya bonus Imlek yang diberikan perusahaan, fasilitas asuransi dan kenaikan gaji tiap tahun yang sudah pasti.” sumber : Karyawan HR/Admin
Sinar Mas Land
    Sinar Mas Land telah melakukan investasi di bidang pengembangan properti yang tersebar di Indonesia, China, Malaysia dan Singapura selama 40 tahun lebih.
    Salah satunya adalah BSD City, Kota mandiri yang terletak di kawasan Tangerang tersebut merupakan salah satu proyek terbesar Sinar Mas Land.
Ciputra Property
    PT Ciputra Development Tbk (CTRA) yang dinakhodai Candra Ciputra, pada Kuartal I-2018 mencetak pendapatan Rp 1,3 triliun. Tahun 2017 periode yang sama Rp 900 miliar. (sumber : kompas.com)
Lippo Group
    PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) Pengembang properti ini memiliki total nilai aset sebesar Rp 57,63 hingga kuartal pertama 2018. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun 2017 yang jumlahnya Rp 56,77 triliun. (sumber : kompas.com)
    Perusahaan ini melakukan diversifikasi usaha yang terintegrasi berupa kota mandiri, hunian rumah dan apartemen, rumah sakit, hotel, mal, serta pengelolaan kawasan industri. Lippo Karawaci dan Lippo Cikarang antara lain merupakan lokasi kota mandirinya. Selain itu, ada Meikarta yang dikembangkan di atas lahan seluas 500 hektar, juga terletak di Cikarang. Kelompok usaha ini akan membangun 100 gedung yang masing-masing terdiri dari 35 hingga 45 lantai. Gedung-gedung itu dipergunakan untuk hunian, perkantoran strata title, hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, dan area komersial. (sumber : kompas.com)
Metropolitan Land Tbk (Metland)
    Dilansir dari kompas.com, pada tahun 2017 kemarin, Metland mampu meraup laba bersih Rp 451,7 miliar, jumlah ini meningkat signifikan 66,5 persen dari tahun 2016. (sumber : kompas.com)
Melihat berbagai keunggulan dan kelebihan dari berbagai perusahaan besar diatas, maka hal ini menjadi kesempatan yang bagus dan menarik buat Anda yang ingin berkarier di industri properti.
Untuk persiapan yang lebih matang, berikut beberapa tips :
1. Anda bisa membaca seluk beluk tentang perusahaan tersebut di website resmi perusahaan 
2. Anda bisa mempelajari soal-soal Psikotest Interview Kerja di website.
3. Melatih diri untuk kemampuan Public Speaking dan Communication Skill untuk persiapan menghadapi wawancara dengan user, biasanya ada beberapa user sekaligus yang akan bertemu.
4. Selalu berkata dan berlaku jujur, karena kebanyakan apa yang kita sampaikan akan di review dan di verifikasi oleh pihak HR perusahaan terkait.

suasana kantor Metland Trans :
sumber : twitter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.