Fitur terbaru Apple iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

iPhone 11

Apple meluncurkan generasi penerus dari iPhone XS secara remi pada 10 September 2019 pukul 10:00 AM waktu AS, untuk waktu di Indonesia berarti 11 September pukul 00.00 WIB.
Acara ini diselenggarakan di Steve Jobs Theater yang berada di Apple Park, Cupertino, California, AS.
Generasi baru seri apple iphone ini adalah iPhone 11, perangkat ini memiliki dua tipe varian yaitu iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Fitur iPhone 11

Keunggulan produk terbaru ini adalah perubahan besar pada kamera, prosesor, grafis dan banyak lagi lainnya, berikut ini ulasan detail-nya :

Kamera

Keunggulan utama pada HP ini ada pada bagian kamera, pembuatnya menanamkan tiga buah kamera untuk di bagian belakang perangkat dengan posisi zig zag.
Ketiga kamera tersebut memiliki resolusi sensor yang sama yaitu 12 Mega piksel, namun berbeda dalam sudut pandangnya.

Pertama

Kamera pertama memiliki sudut pandang yang lebar atau wide angle,  dengan kelebihan TrueDepth, aperturenya f/1.8 dan memiliki fitur OIS.
Kemampuannya bisa mengambil wide angle di mode landscape dan bisa merekam video beresolusi 4K dengan frame rate 60 fps atau 60 frame per detik.

Kedua

Kemudian pada kamera keduanya sudut pandang yang dimiliki lebih lebar atau ultra wide angle hingga 120 derajat, dengan aperture atau bukaan f/2.4. Focal length berukuran 13mm yang ekuivalen dengan full frame.

Ketiga

Yang terakhir adalah kamera telephoto dengan aperture atau bukaan f/2.0, focal length berukuran terbesar di ponsel ini yaitu 52mm.
Dilengkapi pula dengan fitur OIS.

Fitur lain Kamera Belakang

Selain itu ada beberapa fitur yang diperkenalkan Apple maupun yang masih dipertahankan seperti :
Fitur Deep Fusion yang telah menggunakan teknologi machine learning untuk membantu menjaga detail foto saat ada di kondisi low light atau pencahayaan rendah.
Deep Fusion memiliki subject tracking Portrait Lighting yang bisa digunakan oleh para penggemar fotografi untuk memperoleh efek bokeh.
Disediakan pula fitur pembesaran pada kamera yaitu 2x optical zoom, ada portrait dan night mode.
Dan juga sudah mendukung untuk fitur video 4K 60fps, time-lapse, slow-motion dan dynamic range video.
Bagi pecinta fotografi sudah bisa mengambil wide angle jika menggunakan handphone ini ketika berada di mode landscape dan bisa merekam video 4K 60 fps.

kamera iPhone 11
kamera terbaru iPhone 11 (foto : Apple)

Kamera Depan

Lokasi kamera depan ini berada di notch atau poni atas layar dengan resolusi juga sama dengan belakang yaitu 12 Megapiksel.
Notch yang ada di ponsel iOS terbaru dari Apple ini sama dengan yang ada di iPhone XS sebelumnya, sehingga model bagian depan atas terlihat mirip.
Berupa kamera ganda yang menyediakan fitur Seflie TrueDepth, bisa dirotasi untuk foto landscape.
Tersedia video slow motion dengan frame rate sebesar 120 fps yang cocok untuk “slow selfie” atau “slofie”.
Kemudian ada pula fitur “Face ID” yang dilengkapi dengan sensor pengenal wajah untuk menambah keamanan perangkat.

Rangka HP

Bodi ponsel dibalut dengan kaca bertekstur matte di punggung yang dilengkapi dengan rangka atau frame stainless steel.

Warna

Pilihan warna yang dihadirkan oleh Apple ada beberapa ragam yaitu :

  • Ungu
  • Putih
  • Hijau
  • Kuning
  • Hitam
  • Merah
pilihan warna iphone 11
pilihan warna iphone 11

Layar

Ukuran layar diberikan dua pilihan yaitu untuk iPhone 11 Pro disajikan dengan ukuran layar 5,8 inch, untuk iPhone 11 Pro Max disematkan layar yang lebih luas yaitu 6,5 inch.
Keduanya menggunakan teknologi layar terbaru yang akan memanjakan mata anda yaitu Super Retina Display (OLED), dengan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos yang disebut dengan Super Retina XDR.

Chipset atau Prosesor

Prosesor yang dipasang pada kedua iPhone anyar ini adalah chipset A13 Bionic, yang merupakan chip smartphone terkencang di dunia.
CPU atau Prosesor ini memiliki transistor 1 triliun per detik sehingga kuat untuk memainkan game-game terbaru yang berat.
Kemampuan atau performa CPU ini lebih ngebut dibandingkan dengan ponsel kelas tinggi atau flagship lainnya yaitu iPhone XS, Galaxy S10+ Huawei P30 Pro dan Google Pixel 3.

chipset iphone 11
perbandingan CPU performance iphone 11 dengan ponsel flagship lain
Baca juga : Pengertian Smartphone Flagship

Baterai

Bagian baterai yang disematkan oleh Apple sudah memiliki kemampuan penyimpanan daya yang paling lama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Kelebihan baterai iPhone 11 Pro ini bisa dioperasikan lebih 4 jam lebih lama dibandingkan dengan iPhone XS, sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki durasi yang lebih lama 5 jam dibandingkan dengan iPhone XS Max.
Kedua smartphone tersebut sudah mendukung mode pengisian cepat, yaitu fast charger 18 watt.

keunggulan baterai iphone 11
keunggulan baterai iphone 11

Tahan Air dan Debu

Ponsel ini memiliki fitur tahan air dan debu yang dibuktikan dengan adanya standar sertifikasi IP68.
Uji coba ketahanan dilakukan oleh Apple dan hasilnya iphone 11 mampu melewati tes tahan air hingga di kedalaman 4 m selama 30 menit.

iphone 11 tahan air
iphone 11 tahan air

Harga iPhone 11

Banderol yang ditentukan oleh Apple adalah seharga USD 699 atau Rp 9,8 juta untuk iPhone 11, seharga USD 999 atau Rp 14 juta rupiah untuk iPhone 11 Pro, dan seharga USD 1.099 atau Rp 15,4 juta rupiah untuk iPhone 11 Pro Max.

daftar harga seri iphone 11 terbaru
daftar harga seri iphone 11 terbaru

Pembelian iPhone 11

Ponsel ini bisa mulai dipesan oleh peminatnya pada hari Jumat tanggal 13 September 2019, namun ketersediaan di pasaran baru akan tiba pada 20 September 2019.

Benchmark iPhone 11

Berdasarkan hasil review dari platform Benchmark yang populer yaitu AnTuTu benchmark, iPhone 11  memperoleh skor cukup tinggi. Berikut gambarnya :

AnTuTu benchmark iPhone 11
AnTuTu benchmark, kiri ke kanan :  iPhone 11 vs iPhone 11 pro vs iPhone 11 max

Skor untuk ketiga iphone terbaru adalah 450 hingga 460 ribu, lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk iPhone generasi sebelumnya yaitu iPhone XS yang memperoleh nilai sekitar 340 ribuan.
Berikut gambar hasil Ranking Performa produk iOS selama bulan Agustus 2019 dari AnTuTu benchmark, iPhone XS ada di peringkat 5.
Maka kemungkinan dengan nilai yang diperolehnya, iPhone 11 bisa jadi akan menggeser posisi iPad Air 2019 yang ada di posisi peringkat ketiga dari 10 peringkat iOS terbaik bulanan.

Antutu benchmark iOS Agustus 2019
Antutu benchmark iOS Agustus 2019

Kesimpulan dari hasil benchmark ini adalah, Apple merilis iPhone 11 dengan performa yang tidak main-main, melebihi iPhone sebelumnya maupun iPad mini dan iPad air yang juga dirilis pada 2019 ini.

Kekurangan iPhone 11

Supaya fair, kami juga memberikan informasi mengenai beberapa kekurangan yang ada di perangkat baru ini :

Bentuk kamera

Ada sebagian orang yang mengalami tyrpophobia dikarenakan susunan kamera zig zag di punggung smartphone ini.

Video : https://youtu.be/JrvQrBbf1kI

Sumber referensi :
www.apple.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.