Tips Revolusioner Bisnis Toko Online Guys!

Revolusi industri 4.0 merupakan surga bagi para pedagang online bila dapat di maksimalkan potensi-potensi yang ada. Salah satu potensi yang paling besar adalah ketika pasar berubah dari pasar tradisional menjadi pasar online.

Madilog.id membeberkan tips membuka toko online yang tampaknya mudah. Dalam menjalankan bisnis toko online anda, butuh komitmen, ketelatenan dan kerja keras. Berikut 11 kunci sukses toko online untuk mendapatkan hasil yang berlimpah :

  • Foto Produk

Foto produk anda haruslah asli. Buatlah tampilan foto produk semenarik mungkin. Jika menjual produk fashion anda bisa menampilkan foto produk anda dengan manekin atau jika usaha anda cukup berkembang anda bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Perhatikan kualitas foto produk anda. Foto jangan terlalu kecil apalagi sampai gambarnya pecah. Foto harus cukup menarik perhatian dan minat calon customer anda. Bila perlu anda bisa menampilkan gambar produk tampak depan, samping dan belakang.

  • Informasi Produk Lengkap

Berikan informasi mengenai produk anda selengkap mungkin, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail lainnya. Semakin lengkap semakin baik. Sehingga calon customer anda tidak perlu bertanya lagi kepada anda karena informasi cukup lengkap.

  • Kontak yang Jelas

Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor handphone, PIN BlackBerry, alamat email, akun facebook, akun line, Yahoo Messenger, dll.

  •  Respon cepat

Saat calon pembeli menghubungi via telepon,message fb, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk.

  • Respon calon pembeli meski terlambat

Meskipun terlambat cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Jika anda abaikan, hal ini akan memberikan kesan negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.

  • Miliki banyak rekening bank
READ  Cara Meningkatkan Kualitas Branding UMKM

Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran.

  • Berikan kepastian dan tepati

Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat diharapkan customer anda. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Berikan nomor resi pengiriman barang agar customer bisa mengecek posisi paket kiriman mereka.

  • Petunjuk pembelian yang jelas

Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas. Sehingga customer lebih mudah untuk order.

  • Perincian harga barang dan ongkos kirim

Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.

  • Update terus menerus

Rajinlah untuk update produk. Makin sering anda update menunjukan bahwa toko online anda aktif.

  • Desain dan navigasi yang ramah

Desain dan navigasi website anda membuat betah calon customer anda. Perhatikan juga kemudahan mengakses website toko online anda. Bila perlu anda bisa menyiapkan versi mobile untuk website toko online anda. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *