Berkenalan Dengan Si Robo, Robot Edukasi Dengan IoT Asal Semarang

Si Robo, nama yang masih asing ditelinga kami sebelumnya. Dan baru-baru ini, kami bisa melihatnya langsung lewat sebuah acara di Semarang. Robot edukasi ini sudah mengusung teknologi IoT. Tertarik berkenalan juga?

Kami selalu percaya di Semarang banyak orang-orang keren yang tidak kalah dengan kota lain di Indonesia. Hanya saja, butuh momentum untuk dapat melihat mereka tampil dan berbicara banyak.

Pertama kali bertemu

Pertemuan pertama kami pada acara Road To Republic IoT 2019 yang diadakan di Wisma Perdamaian, di akhir pekan. Atau Sabtu, 13 Juli 2019.

Acara ini dilaksanakan oleh Makestro yang berkolaborasi dengan Kominfo. Syukurlah kami datang, karna tidak banyak kota yang didatangi. Cuma 5 kota saja.

Si Robo yang dipersentasikan oleh Rofiq Cahyo Prayogo cukup menarik perhatian kami, meski dilakukan setelah makan siang.

Gambar dari Instagram Si Robo

Robot yang berbentuk seperti mobil mainan itu punya beberapa warna dan dikendalikan dengan bahasa pemrograman. Yang menarik adalah teknologi IoT yang dimasukkan dalam program si robot tersebut.

Lahir dari kampus

Bicara mengenai sejarah, rupanya Si Robo yang memiliki arti Smart Indonesian Robot ini didirikan oleh kumpulan mahasiswa-mahasiswi Universitas Diponegoro.

Dalam situs resminya, sirobo.id, mereka berada dibawah naungan Inkubator Undip dan kini menjadi perusahaan rintisan dengan termasuk layanan penjualan produk robot edukasi ke seluruh Indonesia.

Robot edukasi dan IoT

Dalam persentasinya dihadapan peserta, Si Robo dikenalkan dengan berbagai macam kemudahannya. Mulai dari alat-alat yang digunakan untuk merakit si robot hingga teknologi yang digunakan.

Si Robo sudah berbasis Android, maka aplikasinya mudah ditemukan di Play Store. Meski masih berstatus Beta saat kami temukan dengan ukuran kurang dari 9Mb.

Karena menggunakan pemrograman Blok, Si Robo bisa dikatakan adalah robot buatan asli Indonesia yang diprakarsai mahasiswa Semarang.

Saat dipraktekkan, bahasa pemrogramannya mudah dimengerti. Terutama bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Pemahaman tentang IoT atau Internet Of Things dengan mudah dapat dilihat saat robot dijalankan dan berhenti saat beberapa meter diberi penghalang di depannya. Masih banyak lagi tentunya tentang IoT yang ditampilkan, secara garis besar mereka membuatnya.

Gambar dari Instagram antonius_juniadhi

Oh ya, fitur terbaru yang dimasukkan ke dalam pemrograman Si Robo ialah terintegrasinya dengan aplikasi Telegram. Peserta yang tampil di depan mencoba langsung bagaimana pesan aplikasi Telegram mereka dapat berkirim pesan dengan si Robo. Menarik!

Info lengkap

Situs : sirobo.id
Instagram : sirobo.id
Email : Sirobo.id@gmail.com
CP : Rofiq 081542521442

Artikel terkait :
  • [Review Event] Road To Republic IoT 2019 Kota Semarang
  • Semarang Kota Pertama Vivo Roadshow V15 Go Up
  • Melihat Seperti Apa Keunggulan Oppo F11 Pro ?
  • Gowes, Layanan Bike Sharing Telah Hadir di Kota Semarang
  • Lainnya
Klik gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *