Mau Terjun di Bisnis Cryptocurrency, Wajib baca 5 Tahapan Awal

Crypto2
Crypto2

Bisnis, Madilog.ID – Anda ingin memulai bisnis pertukaran mata uang kripto Anda sendiri, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, Anda datang ke tempat yang tepat.

Artikel ini bermaksud untuk mengklarifikasi hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda ingin meluncurkan pertukaran bitcoin atau cryptocurrency Anda sendiri, bagaimana arsitektur internal perangkat lunak pertukaran harus terstruktur dan yang terpenting, di mana mendapatkan perangkat lunak pertukaran Anda. Memulai Pertukaran Bisnis Cryptocurrency melibatkan 5 langkah dasar.

1. Putuskan di mana Anda ingin berbisnis

Baik Anda ingin beroperasi secara global atau membatasi diri Anda pada wilayah atau negara tertentu, Anda biasanya akan diminta untuk mendapatkan lisensi dan persetujuan yang diperlukan agar perusahaan Anda dapat membuka pertukaran bitcoin sesuai dengan ruang lingkup operasi Anda. Hukum berbeda-beda di setiap tempat, jadi konsultasikan dengan pakar hukum tentang perizinan dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan setempat.

Langkah sapa saja yang harus di libatkan dalam memulai bisnis cryptocurrency?

2. Pelajari tentang peraturan yang relevan di daerah tersebut

Hampir semua pemerintah mengharuskan entitas yang terlibat dalam bisnis pertukaran mata uang untuk mematuhi norma Know Your Customer (KYC). KYC adalah proses di mana bisnis memverifikasi identitas pelanggannya melalui KTP atau paspor yang dikeluarkan pemerintah. Tujuan utamanya di sini adalah untuk mencegah pencucian uang.

Pastikan Anda mematuhi norma KYC negara Anda dan mengintegrasikan prosedur verifikasi pelanggan yang sesuai ke dalam bursa Anda. Jika tidak, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa polisi tiba-tiba berdiri di depan pintu Anda.

3. Bermitra dengan bank atau pemroses pembayaran

Anda harus bermitra dengan bank atau penyedia pembayaran untuk memproses setiap pembayaran melalui mata uang fiat. Memilih bank terpercaya dengan sejumlah fasilitas online merupakan pilihan tepat. Ini lebih relevan di negara berkembang dan kurang berkembang di mana sebagian besar bank tidak memiliki fasilitas untuk melakukan transaksi bank instan secara online.

Transaksi dapat membutuhkan waktu hingga dua hari untuk diselesaikan. Bermitra dengan bank berlisensi dan penyelesaian dana yang cepat akan memberikan kemudahan bagi pelanggan Anda. Penambahan dan penarikan dana fiat dapat dilakukan secara otomatis melalui payment gateway atau bahkan dapat dilakukan dengan transfer uang manual.

4. Menentukan riwayat transaksi dan likuiditas di bursa

Setiap pertukaran membutuhkan likuiditas untuk beroperasi dengan sukses. Pelanggan ragu-ragu untuk memesan atau bahkan untuk menyimpan dana kecuali mereka melihat buku pesanan dan juga aktivitas perdagangan lengkap. Pertukaran baru secara alami menghadapi masalah likuiditas. Ada tiga cara hebat untuk memulai likuiditas Anda.

  • Anda dapat mensimulasikan aktivitas perdagangan di bursa Anda dengan membeli dan menjual antara dua akun buatan di bursa Anda sendiri.
  • Anda dapat mengimplementasikan antarmuka API yang menghubungkan pertukaran bitcoin Anda ke bursa lain yang ada.
  • Anda dapat bergabung dengan seluruh jaringan pertukaran cryptocurrency seperti Trust-Deposit yang akan mengikat likuiditas semua bursa di jaringan. Semakin besar jaringannya, semakin baik likuiditasnya.

5. Terapkan Praktik Terbaik Keamanan

Setiap pertukaran membutuhkan keamanan terbaik untuk memastikan bahwa operator pertukaran dan dana pedagangnya tetap dalam keadaan aman. Ini juga harus diterapkan pada data pribadi pelanggan Anda yang mencakup detail KYC dan informasi rekening bank mereka. Ada insiden pelanggaran keamanan di berbagai bursa seperti halnya Mt.

Pelanggaran guncangan dimana pelanggaran keamanan tidak diketahui selama bertahun-tahun sehingga hampir 1% dari total bitcoin yang beredar pada saat itu telah dicuri. Menurut laporan Reuters, sepertiga dari semua pertukaran bitcoin operasional selama periode 2009 hingga 2015 telah diretas. Demikianlah informasi tentang Mau Terjun di Bisnis Cryptocurrency, Wajib baca 5 Tahapan yang Harus Kamu Tahu semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.