Cara Mencari Suntikan Modal untuk Bisnis Baru

Madilog.Id – Dalam membangun suatu usaha atau bisnis tentu modal menjadi faktor yang sangat perlu untuk diperhatikan. Sayangnya keterbatasan modal seringkali menjadi momok yang seringkali menghambat keberhasilan seseorang dalam membangun bisnis. Alhasil untuk bisa mempertahankan bisnisnya seseorang harus mencari alternatif lain  demi mendapatkan modal usaha. Berikut ini beberapa cara mencari suntikan modal yang mungkin bisa anda terapkan ketika mengalami kendala dana.

Cara mudah mencari sumber modal untuk bisnis baru

  • Kembangkan bisnis menjadi sesuatu yang inovatif dan menarik.

Cara mencari sumber modal untuk usaha yang baru dibangun, hal pertama yang harus dilakukan adalah berusaha mengembangkan bisnis agar menjadi sesuatu yang dapat menarik perhatian calon kreditur atau penyedia modal. Tentu saja Anda harus inovatif dalam menjalankan usahanya.

Perlihatkanlah  strategi anda dalam menjalankan bisnis yang dibidangi. Buatlah bisnis anda berbeda dengan bisnis lain agar dapat menjadi daya tarik, kemudian tawarkan semaksimal mungkin tentang keuntungan apa saja yang akan didapat oleh penyedia modal.

  • Ikuti berbagai pelatihan atau event tentang kompetisi bisnis

Langkah mencari modal usaha selanjutnya bisa dilakukan dengan membangun relasi. Salah satunya yaitu mendaftarkan diri atau bisnis Anda ke berbagai macam pelatihan atau event seperti Program inkubasi Atau lainnya yang berpotensi dapat memberikan suntikan modal.

Adapun bagian penting ketika berencana mengikuti kegiatan semacam ini adalah membuat proposal baik dalam model canvas maupun lainnya sedetail mungkin serta bersifat menjual. Artinya proposal tersebut memiliki daya saing dengan proposal kompetitor.

  • Publikasikan program jangka pendek, menengah, hingga panjang

Baik mencari suntikan modal secara langsung maupun melalui pelatihan atau event, Anda harus menyampaikan program-program usaha baik yang bersifat jangka pendek, menengah, maupun panjang. Hal ini bertujuan supaya dapat meyakinkan para pemberi modal atau kreditur bahwa usaha Anda dapat memberikan keuntungan.  Sehingga mereka Tidak ragu Ketika Harus memberikan modal dengan jumlah yang besar. 

  • Mengajukan pinjaman modal ke penyedia dana atau kredit

Saat ini ada berbagai macam penyedia dana yang bisa anda gunakan untuk meminjam. Terlebih dana yang digunakan untuk modal usaha seringkali menjadi prioritas oleh beberapa penyedia. Dua contoh penyedia dana yang mungkin bisa menjadi pilihan alternatif untuk membangun usaha anda adalah pinjaman peer to peer lending dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pemerintah. 

Untuk mendapatkan dana ini Anda cukup menyediakan profil usaha dan data diri agar bisa disetujui dari kedua penyedia dana tersebut. Selanjutnya Anda dapat mengembalikan dana dengan sistem kredit atau cicilan bulanan.

  • Buka program joint venture sebagai sumber modal awal

Langkah terakhir sebagai cara untuk mencari suntikan modal yaitu membuka program  joint venture. Program ini memungkinkan Anda mengumpulkan para pemilik modal untuk membangun usaha bersama. Kemudian dari keuntungan usaha tersebut bisa dibagi sesuai persentase modal yang diberikan.

Meskipun usaha yang dijalankan menjadi milik bersama, sewaktu-waktu anda dapat membuka usaha baru atau cabang atas nama sendiri melalui suatu perjanjian tertentu yang Anda bangun di awal kesepakatan. 

Baca Juga

Setidaknya dengan 5 cara di atas anda sudah dapat mencari suntikan modal bahkan untuk usaha yang masih dalam bentuk perencanaan maupun sudah dibangun. Besaran Modal yang anda dapatkan tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga Anda perlu menerapkan strategi diatas sebaik mungkin supaya modal yang didapat sesuai estimasi yang anda butuhkan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.