10 Langkah Business Plan Startup Menurut Pakar

Bisnis, Madilog,id – Memiliki usaha sendiri atau mencoba berwirausaha memberikan kebebasan bagi Anda untuk bisa mengatur pemberdayaan dan juga mengembangkan di perusahaan. Namun tidak sedikit orang yang sudah bersusah payah untuk mewujudkan impiannya, berikut beberapa langkah Merencanakan Usaha (business plan) sukses yang bisa Anda terapkan.

1. Pengusaha Sukses Bekerja Keras dan Bertekun

Kedengarannya memang sederhana tapi untuk rajin menjalankan bisnis sendiri sebenarnya sangatlah sulit. Selain Membutuhkan kerja keras juga membutuhkan konsisten agar Anda tidak mudah menyerah saat mendapat tantangan dalam menjalankan bisnis.

2. Berani Menantang Diri Anda

Seorang wirausahawan harus siap menghadapi tantangan. Tantangan itu sendiri dan di lingkungan. Pertama Anda harus menantang diri anda sendiri untuk mendorong diri Anda tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi.

3. Lakukan itu karena hasrat

Banyak yang awalnya hanya hobi kini menjadi tempat usaha mereka sendiri. Pilih passion yang baik itu di bidang teknologi, fashion atau kuliner agar Anda bisa mendalami bisnis yang akan di rintis. Misalnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki lebih banyak pengetahuan teantang kopi, mengapa tidak mencoba memulai bisnis kedai kopi Anda sendiri.

4. Berani mengambil resiko

Seorang wirausahawan harus berani dalam mengambil resiko agar ia mendapatkan hal-hal baru dalam hidupnya. Membuat keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihan adalah salah satu yang perlu Anda biasakan dan ini salah satu cara untuk menjadi pengusaha sukses. Sehingga calon wirausaha dapat ditentukan dari perspektif pemecahan masalah.

5. Pengusaha Sukses Percaya Diri                                               

Calon pengusaha sukses terlihat dari gestur tubuh Anda saat pertama kali bertemu. Ia sangat yakin, kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang menguntungkan pada kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan.Percaya kepada kemampuan sendiri akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang sering kerap menjadi ketakutan bagi para pengusaha saat mereka memulai berwirausaha.

6. Kurangi Rasa Takut

Pengusaha harus memiliki sikap yang tepat dan cepat dalam bertindak. Rasa takut tidak akan memberi Anda apa-apa. Nyatanya, Anda tidak bisa bergerak sesuai dengan intuisi Anda karena Anda selalu dihantui rasa takut. Ada baiknya jika Anda mengelola diri sendiri untuk menghindari rasa takut yang berlebihan saat memulai dan mengelola bisnis Anda.

7. Visualisasikan Keinginan Anda

Cara termudah adalah dengan memvisualisasikan keinginan Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk memulai dan memperhatikan setiap detail yang mungkin Anda lewatkan. Anda juga akan merencanakan beberapa cara untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Sehingga visualisasi ini membantu Anda mengoptimalkan dan mengukur kemampuan Anda dalam menghadapi masalah yang akan terjadi pada bisnis Anda.

8. Pengusaha Sukses Butuh Mitra

Tidak mungkin sebuah bisnis bisa berjalan sendiri, setidaknya Anda membutuhkan partner bisnis yang bisa Anda ajak berdiskusi. Bahkan pengusaha sukses memiliki mereka dikelilingi oleh tim yang hebat. Mulailah mencari tim yang solid yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda. Bonus untuk Anda mendapatkan teman atau partner yang bisa berbagi passion dengan Anda untuk menjadi partner dalam berwirausaha.

9. Aksi Cepat

Cara lain untuk menjadi pengusaha sukses adalah bertindak cepat. Setelah merencanakan, menimbang risiko semua opsi, mendanai, dan mengkondisikan tim, yang harus dilakukan hanyalah bertindak. Terkadang eksekusi inilah yang tidak selesai sehingga seringkali bisnis tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah mengambil tindakan.

10. Pengeluaran Waktu

Anda tidak menyangka bahwa menjadi pengusaha sukses hanya membutuhkan waktu satu malam. Pengusaha merelakan waktunya untuk dapat melakukan beberapa hal yang sangat berguna untuk mengembangkan usahanya. Demikianlah informasi tentang 10 Langkah merencanakan usaha menurut pakar, cek it out semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.