Semifinal Piala Afrika,Nigeria lebih mungkin menang ketimbang Afsel

Jakarta (ANTARA) – Bukan hanya Piala Asia 2023 di Qatar yang tengah memasuki fase menentukan karena Piala Afrika 2023 atau AFCON 2023 di Pantai Gading juga begitu, karena sama-sama sudah berada pada babak semifinal.

Berbeda dengan Asia, kesenjangan antar-tim Afrika tampaknya tak begitu lebar sehingga perjalanan mereka mencapai partai demi partai dilalui dengan ketat dalam skor yang sangat ketat, termasuk perjalanan mencapai semifinal.

Itu pula yang terjadi pada Nigeria dan Afrika Selatan yang akan bertemu dalam babak empat besar turnamen ini di Stade Bouake, Pantai Gading, tepat tengah malam nanti pukul 24.00 WIB.

Laga semifinal antara Elang Super dan Bafana Bafana ni adalah salah satu laga paling ditunggu dalam Piala Afrika atau Afcon 2023 yang diadakan setahun kemudian seperti juga terjadi pada Piala Asia 2023.

Nigeria membuat clean sheet keempat berturut-turut dalam turnamen bernama resmi Africa Cup of Nations itu, ketika menang tipis 1-0 atas Angola dalam perempat final, lima hari lalu.

Ademola Lookman mencetak gol semata wayang dan sekaligus membuat pemain sayap Atalanta di Liga Italia itu menjadi di antara pemain yang mencetak tiga gol dalam turnamen ini.

Sayang, kesuburan Lookman belum bisa diikuti bintang Nigeria, Victor Osimhen. Striker Napoli di Liga Italia itu baru mencetak satu gol.

Namun, itu bukan berarti Osimhen jarang merongrong gawang lawan, sebaliknya dia menjadi pemain Piala Afrika 2023 yang paling banyak menciptakan peluang gol.

Sejauh ini dia sudah 19 kali melepaskan tendangan percobaan gol selama AFCON 2023 berlangsung.

Baca juga: Pantai Gading dan Afrika Selatan melaju ke semifinal Piala Afrika 2023

Baca juga: Nigeria dan RD Kongo melaju ke semifinal Piala Afrika 2023

READ  Mauricio Souza percaya diri Madura United bisa kalahkan Barito Putera

Selanjutnya: Formasi sama

Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *