Ridwan Kamil: Mudah-mudahan debat kelima tak banyak gimik

Jakarta (ANTARA) – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Barat Ridwan Kamil berharap debat kelima yang mempertemukan tiga calon presiden tidak dipenuhi banyak gimik.

Dia mengatakan debat kelima, yang merupakan ajang adu gagasan terakhir dari KPU RI itu, dapat mendalami substansi-substansi, di antaranya visi, misi, dan program kerja dari tiga calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

“Mudah-mudahan perdebatan ini tidak terlalu banyak gimik lah ya, lebih ke substansi supaya masyarakat disuguhkan debat yang kualitatif. Itu harapan kami, tidak ada (serangan-serangan, red.) personal-personal, yang sifatnya menurut saya tidak substantif,” kata Ridwan Kamil menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di lokasi debat kelima, Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Minggu.

Ridwan Kamil pun juga berharap hasil debat terakhir nantinya dapat memperkuat keyakinan para pemilih terhadap pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Dia menegaskan pada prinsipnya pasangan Prabowo-Gibran ingin melanjutkan program-program baik dari pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

“Saya kira ini kan debat terakhir, diharapkan masyarakat bisa bersimpati bisa menilai bagaimana pasangan 02 komit terhadap hal-hal yang akan dibahas malam ini ya. Konsep kami itu melanjutkan. Jadi, hal-hal baik dari Pemerintahan Presiden Jokowi itu yang akan dilanjutkan, terkait pendidikan, kesehatan, lain-lain,” tutur dia.

Di lokasi debat, Prabowo didampingi oleh pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, serta rombongan tim sukses dari TKN Prabowo-Gibran.

KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

READ  TPN: Keamanan siber jadi salah satu fokus Ganjar untuk debat capres

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema-tema seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *