Rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat KPU Garut tuntas

“Proses rekapitulasi sudah selesai dilaksanakan dari tanggal satu (Maret 2024) ya, dan Alhamdulilah hari ini tanggal enam pagi, jam setengah tujuh pagi kita selesai melaksanakan penandatanganan hasil proses rekapitulasi,”

Garut (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat tuntas menyelesaikan tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat kabupaten yang berlangsung selama enam hari untuk selanjutnya hasil rapat pleno diserahkan ke KPU provinsi.

“Proses rekapitulasi sudah selesai dilaksanakan dari tanggal satu (Maret 2024) ya, dan Alhamdulilah hari ini tanggal enam pagi, jam setengah tujuh pagi kita selesai melaksanakan penandatanganan hasil proses rekapitulasi,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin di Cipanas Garut, Rabu.

Ia menuturkan pelaksanaan Pemilu 2024 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden kemudian pemilihan DPD, pemilihan legislatif kabupaten, provinsi, dan pusat sudah berlangsung lancar dan sukses di Kabupaten Garut.

Secara bertahap, kata dia, pelaksanaan pemilu di Garut sudah dilewati mulai dari penghitungan di tingkat tempat pemungutan suara, kemudian rapat pleno di tingkat panitia pemilihan kecamatan di 42 kecamatan, sampai akhirnya rapat pleno rekapitulasi suara pemilu tingkat KPU Garut.

Ia menyampaikan hasil rapat pleno KPU Garut itu dihadiri semua petugas PPK, Bawaslu, dan juga saksi dari partai politik maupun peserta pemilu yang selama berlangsung rekapitulasi berjalan lancar, meski ada beberapa persoalan, namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik.

“Alhamdulillah dari awal sampai akhir secara umum prosesnya berjalan dengan lancar, dan alhamdulillah saksi menandatangani, dan ada beberapa yang tidak ikut menandatangani tetapi secara rinci mereka mengikuti sampai akhir,” katanya.

Ia mengatakan terkait hasil secara seluruhnya akan diinformasikan secara resmi oleh KPU Kabupaten Garut, untuk saat ini tahapan menuntaskan rekapitulasi pemilu dulu untuk secepatnya dilaporkan ke KPU Provinsi Jabar.

READ  Bermain di kandang, Persebaya imbang lawan Persija

Laporan rapat pleno tingkat kabupaten, kata dia, merupakan hari terakhir, sehingga secepatnya harus dituntaskan dan dilaporkan untuk dilakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu di tingkat provinsi.

“Kami segera melaporkan hasil proses rekapitulasi ini kepada KPU provinsi, hari ini adalah hari terakhir proses pelaporan hasil rekapitulasi yang nantinya akan langsung ditindaklanjuti melalui proses rekapitulasi di tingkat provinsi,” katanya.

Ia menambahkan selama kegiatan rekapitulasi tingkat kabupaten terdapat kendala seperti proses pencermatan, sehingga harus dilakukan pencocokan dan penelitian lagi kaitan dengan saksi, sehingga hasilnya bisa disepakati dan tidak ada keberatan.

Secara umum mulai dari persiapan pemilu sampai dengan saat ini, kata dia, berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan pemilu, kemudian tidak ada pemungutan suara ulang.

“Semua berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa hal-hal yang menjadi kendala kaitan dengan logistik, kaitan dengan ada surat suara yang rusak, yang diterima oleh kawan-kawan KPPS,” katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *