Presiden Jokowi berharap Pemilu bisa diikuti seluruh rakyat Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bisa diikuti seluruh rakyat Indonesia dengan gembira.

Usai menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu pagi, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan Pemilu kali ini berjalan sesuai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).

“Ya ini adalah pesta demokrasi. Kita berharap ini betul-betul jadi pesta rakyat yang berlangsung dengan jurdil, luber, dan diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dengan kegembiraan,” ujar Jokowi yang melakukan pencoblosan bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ketika ditanya apakah dirinya yakin Pemilu 2024 bisa selesai dalam satu putaran, Presiden Jokowi meminta publik untuk menunggu keseluruhan proses berjalan.

“Kita tunggu bersama-sama,” kata dia.

Setelah mencoblos, Jokowi mengatakan akan langsung kembali ke istana untuk memantau hitung cepat (quick count) Pemilu.

Namun, ia tidak menyebut apakah akan kembali ke Istana Kepresidenan Jakarta atau Istana Bogor.

“Mungkin di Jakarta, mungkin di Bogor,” katanya.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi sekitar pukul 08.48 untuk mencoblos.

Presiden tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam, sedangkan Ibu Iriana memakai tunik brokat berwarna hijau sage dengan bawahan senada.

Di TPS tersebut, Presiden Jokowi terdaftar sebagai daftar pemilih tetap dengan nomor 50, sedangkan Ibu Iriana terdaftar dengan nomor 47.

Setelah mengisi daftar hadir, Jokowi dan Iriana menerima surat suara dari Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10 Gambir Hamdi Basjar, sebelum menuju ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Keduanya masing-masing menerima empat surat suara pemilu yakni berwarna abu-abu untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, kuning untuk surat suara DPR RI, merah untuk surat suara anggota DPD RI, dan biru untuk surat suara DPRD provinsi.

READ  Legislator sebut alasan ibu kota pindah demi wujudkan impian Soekarno

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak membuka semua surat suara yang mereka terima di hadapan KPPS dan saksi untuk memastikan tidak ada surat suara yang rusak.

Setelah melakukan pencoblosan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memasukkan surat di masing-masing kotak suara, sebelum mencelupkan jari mereka ke tinta pemilu sebagai bukti telah menyalurkan hak suara dalam Pemilu 2024.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sempat memberikan keterangan singkat kepada wartawan yang hadir meliput kegiatannya, sebelum meninggalkan TPS itu pada pukul 09.02 WIB.

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara gunakan hak pilih di TPS 10 Gambir Jakarta

Baca juga: Jokowi terima undangan pencoblosan dari KPPS TPS 10 Gambir

Baca juga: Hujan berintensitas ringan guyur TPS Presiden di Gambir

Baca juga: Petugas KPPS di TPS Jokowi kenakan busana budaya Betawi

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *