Pratinjau Real Madrid vs Barcelona: duel panas sarat gengsi

Jakarta (ANTARA) – Pada pekan ke-32 Liga Spanyol akan tersaji pertandingan panas dan sarat gengsi dengan tajuk duel El Clasico antara Real Madrid kontra Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Senin dini hari WIB.

Pertemuan kedua tim selalu berjalan panas dan menarik, terlebih karena sejarah panjang yang tertulis di antara kedua tim.

Pada beberapa tahun terakhir Real Madrid sedikit lebih unggul dibanding Barcelona, tetapi Blaugrana sempat beberapa kali keluar sebagai pemenang.

 

Musim 2023/24, kedua tim telah bertemu dua kali dan Real Madrid mampu menyapu bersih dua kemenangan di ajang Copa Del Rey dan Liga Spanyol.

Real Madrid unggul tipis atas Barcelona di Liga Spanyol

 

Real Madrid tercatat unggul tipis dibanding Barcelona dalam lima pertemuan terakhir antara kedua tim pada ajang Liga Spanyol.

Pada pertemuan pertama musim ini, Real Madrid sukses mencuri keunggulan 2-1 di Catalan atas Barcelona berkat dua gol dari Jude Bellingham.

 

Sementara secara keseluruhan dalam lima pertandingan terakhirnya pada ajang Liga Spanyol kedua tim saling mengalahkan, namun Real Madrid unggul tipis dengan tiga kemenangan dan dua laga lainnya menjadi milik Barcelona.

 

Terakhir kali Barcelona mampu mengamankan kemenangan atas Real Madrid pada musim 2022/23 ketika bermain di Camp Nou dengan mengamankan kemenangan tipis 2-1.

 

Jika dihitung secara keseluruhan, Real Madrid dan Barcelona telah melewati 187 pertandingan dan Los Blancos menang 78 kali dan Barcelona mengamankan 74 laga, sementara 35 lainnya berakhir imbang.

Berikut lima pertemuan terakhir Real Madrid vs Barcelona di ajang Liga Spanyol:

(28/10/23) Barcelona 1 – 2 Real Madrid

 

(20/03/23) Barcelona 2 – 1 Real Madrid

 

(16/10/22) Real Madrid 2 – 1 Barcelona

 

(21/03/22) Real Madrid 0 – 4 Barceloa

 

(24/10/21) Barcelona 1 – 2 Real Madrid

Real Madrid miliki tren positif, Barcelona ingin lakukan penebusan dosa

Real Madrid kini tengah memiliki tren positif setelah pada lima pertandingan sebelumnya belum terkalahkan dengan mengamankan tiga kemenangan serta dua hasil imbang.

 

Dua hasil imbang tersebut didapatkan ketika menghadapi tim tangguh Manchester City pada ajang Liga Champions di mana El Real sukses lolos ke semifinal lewat drama adu penalti setelah secara agregat imbang 4-4.

 

Sementara itu pada tiga kemenangan yang didapatkan, Real Madrid menyapu bersih semua laga terakhirnya di ajang Liga Spanyol dengan mengalahkan Mallorca, Athletic Bilbao dan Osasuna.

READ  Duel Persib vs Persija di Nusantara Open akan digelar secara tertutup

 

Di sisi lain, Barcelona baru saja mengalami kekalahan menyakitkan tersingkir dari ajang Liga Champions setelah kalah agregat 4-6 dari Paris Saint-Germain (PSG) pada babak perempat final.

 

Pertandingan kontra Real Madrid ini tentu dapat menjadi partai penebusan dosa bagi skuad asuhan Xavi Hernandez andai mampu mengamankan kemenangan.

 

Selain penebusan dosa, kemenangan bagi Barcelona juga dapat memangkas jarak antara mereka dengan Real Madrid pada klasemen sementara Liga Spanyol.

 

Barcelona kini menempati peringkat kedua klasemen sementara Liga Spanyol dengan total 70 poin dari 31 laga, terpaut tujuh poin dari Real Madrid yang berada di posisi pertama.

 

Kemenangan ini juga dapat menjaga asa mereka mempertahankan gelar Liga Spanyol dan tak merelakan Piala tersebut pindah ke Kota Madrid.

 

Sementara itu pada ajang Liga Spanyol, Blaugrana mampu menyapu bersih tiga pertandingan sebelumnya dengan mengalahkan Cadiz, Las Palmas, Atletico Madrid.

Berikut lima pertandingan terakhir kedua tim di berbagai ajang

Real Madrid

(18/4/24) Manchester City 1 – 1 Real Madrid (Liga Champions)

 

(13/4/24) Mallorca 0 – 1 Real Madrid (Liga Spanyol)

 

(10/4/24) Real Madrid 3 – 3 (Liga Champions)

 

(1/4/24) Real Madrid 2 – 0 Athletic Bilbao (Liga Spanyol)

 

(16/3/24) Osasuna 2 – 4 Real Madrid (Liga Spanyol)

Barcelona

 

(17/4/24) Barcelona 1 – 4 Paris Saint-Germain (Liga Champions)

 

(14/4/24) Cadiz 0 – 1 Barcelona (Liga Spanyol)

 

(11/4/24) Paris Saint-Germain 2 – 3 Barcelona (Liga Champions)

 

(31/3/24) Barcelona 1 – 0 Las Palmas (Liga Spanyol)

 

(18/3/24) Atletico Madrid 0 – 3 Barcelona (Liga Spanyol)

Baca juga: Girona menang 4-1 atas Cadiz untuk kuatkan posisi finis empat besar

Baca juga: Raul Garcia pensiun akhir musim ini


 

Komentar masing-masing pelatih

 

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan kemenangan atas Barcelona pada pertandingan bertajuk El Classico nantinya akan membuat El Real makin dekat dengan gelar juara Liga Spanyol.

 

“Jika kami berhasil memenangkan pertandingan melawan Barcelona, kami akan berada dalam jarak yang dekat dengan (juara) LaLiga. Kami bermain melawan lawan yang sangat kompetitif yang telah bermain cemerlang dalam beberapa pertandingan terakhir,” ungkap Ancelotti.

 

“Ini akan menjadi El Classico yang berjuang keras dan seimbang, seperti biasanya. Ini adalah kesempatan besar untuk bergerak lebih dekat ke gelar LaLiga, tetapi kami tahu betapa sulitnya itu karena Barcelona masih sangat kuat bersaing,” sambungnya.

READ  Preview Maroko vs Mali, siapa pantas jaga gengsi Afrika

 

Sementara itu, pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengatakan bahwa timnya wajib hukumnya untuk memenangkan pertandingan ini.

 

Pelatih asal Spanyol itu menjelaskan pertandingan akan sulit bagi Barcelona karena Real Madrid kini tengah dalam kepercayaan diri yang tinggi.

 

“Pertandingan besok (kontra Real Madrid) adalah kesempatan bagi kami untuk kembali ke perburuan gelar juara La Liga,” tegas Xavi.

 

“Real Madrid lagi kuat-kuatnya karena mereka baru saja menyingkirkan tim terbaik di dunia, Manchester City di tengah pekan lalu. Euforia mereka sedang tinggi dan mereka akan sangat sulit untuk ditaklukkan,” pungkasnya.

Prediksi susunan pemain

 

Real Madrud diperkirakan akan menggunakan formasi 4-3-1-2 serta mengandalkan Andriy Lunin di posisi penjaga gawang serta empat bek Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Aurelien Tchouameni dan Ferland Mendy.

 

Tiga gelandang tengah akan ditempati Federico Valverde, Eduardo Camavinga dan Toni Kroos. Sementara gelandang serang diisi Jude Bellingham sedangkan penyerang tengah diberikan kepada duet Rodrygo dan Vinicius Junior.

 

Sementara itu, Barcelona diperkirakan akan menggunakan formasi favorit mereka yaitu 4-3-3 dan posisi penjaga gawang diisi oleh Marc-Andre Ter Stegen. Sementara itu bek tengah ditempati Jules Kounde dan Pau Cubarsi, lalu bek sayap terdapat Ronald Araujo serta Joao Cancelo.

 

Berikut prediksi susunan 11 pertama Real Madrid vs Barcelona:

 

Real Madrid (4-3-1-2): Andriy Lunin; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Aurelien Tchouameni, Ferland Mendy; Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Toni Kroos; Jude Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior.

 

Pelatih: Carlo Ancelotti (Italia)

 


Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Pau Cubarsi, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Andreas Christensen, Frenkie de Jong; Lamine Yamal, Robert Lewandowski, Raphinha.

 

Pelatih: Xavi Hernandez (Spanyol).

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *