Prabowo terima ucapan selamat presiden Palestina karena unggul suara

Sebuah kehormatan bagi saya menerima ucapan selamat atas hasil sementara Pemilu 2024 dari Presiden Negara Palestina.

Jakarta (ANTARA) – Calon Presiden RI Prabowo Subianto mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas karena telah mengungguli perolehan suara atas dua pasangan calon lain.

Ucapan itu disampaikan Mahmoud via surat yang dikirimkan oleh Kedutaan Palestina di Jakarta tertanggal 25 Februari 2024. Surat itu pun diunggah Prabowo di akun X-nya @prabowo pada hari Kamis.

“Kami dengan senang hati menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Yang Mulia atas kesuksesan meraih kepercayaan saudara-saudara se-Indonesia dan pemenangan pemilu presiden,” ujar Mahmoud dalam surat itu.

Prabowo pun membalas ucapan selamat itu melalui akun X miliknya.

“Sebuah kehormatan bagi saya menerima ucapan selamat atas hasil sementara Pemilu 2024 dari Presiden Negara Palestina, Yang Mulia Mahmoud Abbas,” kata Prabowo dalam unggahannya.

Prabowo memastikan akan terus mendukung Palestina yang saat ini tengah diterpa konflik perang dalam menggapai kemerdekaannya.

“Masyarakat Indonesia selalu bersama Palestina pada masa tersulitnya dan akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kedamaian dan kemerdekaan sepenuhnya,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese adalah salah satu yang pertama mengucapkan selamat kepada Indonesia dan Prabowo. Melalui akun X, dia mengucapkan selamat kepada Prabowo karena menjadi calon presiden terpilih Indonesia versi hitung cepat.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia dan Indonesia,” tulis Albanese.

Ia melanjutkan, “Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024.”

READ  Arsjad Rasjid nilai Mahfud keluarkan isi hati rakyat saat debat kedua

Berikut daftar tokoh dunia yang sudah mengucapkan selamat untuk Prabowo.

Baca juga: Pengamat: Dukungan pemimpin negara sahabat ke Prabowo sangat strategis

Baca juga: Prabowo: Indonesia anggota G20 jangan sampai rakyatnya hidup susah

Via Telepon:

1. PM Australia Anthony Albanese

2. ⁠DPM Australia Richard Marles

3. ⁠PM Singapura Lee Hsien Loong

4. ⁠PM Malaysia Anwar Ibrahim

5. ⁠Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe

6. ⁠PM Albania Edi Rama

7. ⁠Presiden Timor Leste José Ramos-Horta

8. ⁠Sultan Brunei Hassanal Bolkiah

9. ⁠eks PM Thailand Thaksin Sinawatra

10. ⁠eks PM Inggris Tony Blair

11. Menlu Turki Hakan Fidan

12. Presiden Nicaragua Daniel Ortega

Via Twitter / Surat:

1. PM India Narendra Modi

2. ⁠PM Inggris Rishi Sunak

3. ⁠Presiden Rusia Vladimir Putin

4. ⁠Presiden China Xi Jinping

5. Presiden Filipina Bongbong Marcos.

Data tersebut dikutip hari ini pada pukul 21.00 WIB dari situs resmi https://pemilu2024.kpu.go.id/.

Peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 diikuti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

READ  Ari Dwipayana tegaskan seluruh menteri tetap solid bantu Presiden

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *