PM China sambut Tahun Pertukaran Antarmasyarakat China-ASEAN

Beijing (ANTARA) – Perdana Menteri China Li Qiang menyampaikan ucapan selamat atas peluncuran Tahun Pertukaran Antarmasyarakat China-ASEAN.

Li mengatakan China dan Negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) terhubung oleh gunung dan sungai. Keduanya memiliki afinitas budaya dan telah lama menjalin pertukaran persahabatan. Kedua belah pihak disebutnya telah menciptakan budaya Asia yang kaya dan beragam bersama-sama.

“Kemitraan strategis komprehensif China-ASEAN menikmati momentum perkembangan yang baik, dan kerja sama di berbagai bidang telah membuahkan hasil yang bermanfaat,” ujar Li.

Ia menambahkan bahwa langkah-langkah baru telah diambil untuk membangun komunitas China-ASEAN dengan masa depan bersama.

Li mengatakan China berharap dapat bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk memanfaatkan Tahun Pertukaran Antarmasyarakat China-ASEAN sebagai kesempatan untuk mempromosikan rasa saling memahami dan persahabatan di antara masyarakat dari kedua belah pihak, membangun komunitas China-ASEAN yang lebih erat dengan masa depan bersama, serta bersama-sama membangun tanah air yang damai, aman, dan tenteram, makmur, indah, dan bersahabat.

Surat ucapan selamat dari PM Li Qiang dibacakan oleh Anggota Dewan Negara China Shen Yiqin dalam upacara peluncuran yang digelar di Fuzhou, Provinsi Fujian, China tenggara. 

PM Laos Sonexay Siphandone, yang menjabat sebagai ketua ASEAN saat ini, juga mengirimkan surat ucapan selamat pada upacara peluncuran tersebut.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info
READ  Gubernur Bali Dukung Digitech Fest 2021 GMKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *