PLN siapkan infrastruktur dukung pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut

PLN siap mendukung penuh dalam menyukseskan PON XXI 2024 di Aceh – Sumut dengan menyiapkan berbagai infrastruktur listrik

Banda Aceh (ANTARA) – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh menyiapkan berbagai infrastruktur kelistrikan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“PLN siap mendukung penuh dalam menyukseskan PON XXI 2024 di Aceh – Sumut dengan menyiapkan berbagai infrastruktur listrik untuk pelaksanaan PON,” kata General Manager PLN UID Aceh Mundhakir di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya usai kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beserta Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman meninjau Komplek Stadion Harapan Bangsa yang akan menjadi venue utama dan pembukaan PON XXI 2014 di Aceh dan Sumut.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya sedang memaksimalkan program peningkatan keandalan kelistrikan PON yang sampai saat ini sebesar 47 persen terdiri atas Penambahan Jalur suplai Listrik dari Gardu Induk ke Venue 60,5 persen, penambahan peralatan Backup Supply (Genset & UPS) 53,1 persen, Assessment komponen jaringan distribusi 45,9 persen dan Assessment instalasi Venue 17,1 persen.

Ia mengatakan selain dari supply utama listrik, PLN juga menyediakan genset dan UPS di setiap venue untuk memastikan keandalan kelistrikan pada pelaksanaan PON dan juga memastikan keandalan di 36 Venue pertandingan, 4 Bandar Udara, 2 Pelabuhan, 23 Penginapan atlit, 12 RS rujukan.

Baca juga: PLN Aceh sambung listrik bagi 201 keluarga kurang mampu

Baca juga: PLN Aceh memastikan keandalan listrik hadapi Ramadhan

“PLN mengupayakan secara penuh pasokan listrik untuk memastikan PON XXI Aceh – Sumut 2024 berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Mundhakir.

READ  Partai Gelora: Ambang batas parlemen dan presiden harus dihapus

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengapresiasi kesiapan PLN dalam mendukung pelaksanaan PON XXI 2024 di Aceh – Sumut.

“Sudah sangat baik persiapannya tetapi PLN harus memastikan juga berapa beban dan cadangan sehingga pelaksanaan PON berjalan lancar,” katanya.

Berdasarkan data Daya Mampu Pasok pembangkit di Aceh saat ini mencapai 814,1 MW sedangkan beban puncak sebesar 586.3 MW. Sehingga memiliki cadangan daya sistem sebesar 227,8 MW.

Baca juga: Icon Plus Sumbagut pererat kemitraan dengan PLN UID pada 2024

Baca juga: PLN UID siap berperan jadi mitra andal investor

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *