Pakar serukan tunggu hasil pemilu dalam koridor demokrasi

Harap semuanya bisa bersabar menahan diri dan jangan sampai menabrak demokrasi

Banjarmasin (ANTARA) – Pakar Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr  Budi Suryadi, S.Sos, MSi menyerukan semua pihak agar dapat menunggu hasil penghitungan suara pemilu dalam koridor demokrasi.

“Harap semuanya bisa bersabar menahan diri dan jangan sampai menabrak demokrasi,” kata dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Budi meminta tahapan demi tahapan setelah pencoblosan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan diawasi secara melekat oleh Bawaslu dapat dihormati sebagai bagian dari proses panjang pemilu.

Baca juga: PM Belanda Rutte ucapkan selamat pada Prabowo atas keunggulannya

Menurut dia, menjunjung tinggi serta menghormati kelembagaan demokrasi yang ada sebagai bentukkan dari hasil pemilu sebelumnya jadi sikap positif menyikapi kontestasi.

Oleh karena itu, bangunan rumah demokrasi harus dipercaya dalam prosedur dan kelembagaannya demi masa depan demokrasi di Indonesia.

Budi menyebut setiap pemilu tak terkecuali Pemilu 2024 memiliki tantangan demokrasi dengan hiruk-pikuk pendapat.

Baca juga: Seluruh TPS di Manokwari selesaikan penghitungan suara

Walaupun demikian perlu disadari pemilu pascareformasi saling berkaitan dengan pemilu berikutnya, dimana hasil pemilu selalu terus membentuk formasi kelembagaan demokrasi hingga sekarang.

Di sisi lain, Dekan FISIP ULM ini mengakui kehadiran penghitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei berbasis formulir C1 ataupun yang melakukan penghitungan berdasarkan responden wajar.

“Pada negara demokrasi kehadiran lembaga survei memang wajar ada karena ini bentuk dari partisipasi politik atas setiap perhelatan pemilu,” jelasnya.

Baca juga: Timnas AMIN imbau relawan dan saksi kumpulkan bukti dugaan pelanggaran

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

READ  Diduga Berencana Ganggu Pemilu 2024, Puluhan Anggota JAD Ditangkap

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *