Bom Katedral Makassar, Ledakan Kilang Balongan dan Vatican?

Oleh: Dikson Ringo *)

Duarrr, sepasang pelaku bom meledakkan diri persis di gerbang pintu masuk Gereja Katolik Katedral Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Itu pun karena ditahan masuk oleh Pak Kosmas, penjaga simpatisan gereja.

Sejauh ini hanya sepasang pelaku yang tewas dan 20 korban luka. Peristiwa terjadi saat mulai misa ke-2. Hilir mudik jemaat keluar masuk berada di pintu yang satunya sehingga tidak banyak korban.

Beberapa hari kemudian, kilang minyak terbesar di asia tenggara milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat meledak. Kilang itu menyuplai kebutuhan BBM se-Jabodetabek, urat nadi aktivitas pabrikasi dan ekonomi Indonesia berpotensi terganggu. 

Padahal kilang Balongan selalu memperbarui teknologi terbaru, termasuk kilang minyak canggih. Ahok sebagai Komisaris Utama tak berani komentar. Dugaan ledakan pada pipa dan investigasi sedang berjalan.

Tahun 2018 lalu, Indonesia sempat alami ancaman pembatasan penggunaan produk turunan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) oleh Uni Eropa. Vatikan turut membantu memulihkan jalur ekspor CPO asal Indonesiake Eropa, Luhut Binsar Panjaitan minta bantuan lobi Vatikan.

Vatikan diketahui memfasilitasi Indonesia mengundang sejumlah pihak Uni Eropa, perusahaan multinasional selaku pengguna produk kelapa sawit, lembaga keagamaan, agar CPO dapat kembali masuk ke Eropa. Dan konon Vatikan juga turut “merestui” Komjend Listyo Sigit menjadi Kapolri.

Relasi peristiwa itu dapat dilihat dari respon cepat Kapolri Sigit membawa rombongan petinggi Polri ke Makassar, sikap marah Presiden Jokowi, Kutukan Jusuf Kalla dan kecaman Riziq Shihab yang marah karena ledakan bom bunuh diri itu. 

Vatikan adalah sistem pemerintahan politik paling tua di bumi, organisasi paling mapan, berpengaruh dan tentu punya perangkat, yang sekelas Amerika, Rusia dan Cina enggan berurusan masalah dengan Vatikan. 

Tahta Suci Vatikan merupakan kelanjutan sistem Negara Gereja, sudah eksis sejak abad ke-8 Masehi, setelah sistem kerajaan di abad sebelum masehi, didirikan Santo Petrus salah satu murid Yesus dan menjadi Paus Pertama Gereja Katolik.

*) Pemerhati Kekuasaan/Jabatan, Ketua DPP KNPI Bid. Poldagri, Senior GMKI/Alumni Kelompok Cipayung Yogyakarta

Referensi: https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/160091/vatikan-bantu-indonesia-lobi-ue-soal-sawit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.