Mengenal Pose 3 Jari Ganjar Pranowo yang Dikaitkan dengan Film The Hunger Games : Okezone Celebrity

JAKARTA – Calon Presiden Ganjar Pranowo mencuri perhatian warganet dengan unggahan video salam tiga jari bersama para pendukungnya. Pose tersebut bahkan disebut-sebut mirip dengan film The Hunger Games.

Dalam video berdurasi 23 detik tersebut, Ganjar dan para pendukungnya terlihat berpose dengan tiga jari. Menariknya, terdengar pula suara siulan yang mirip dengan adegan dalam film The Hunger Games.

Ganjar Pranowo mengungkapkan, pose tiga jari miliknya memiliki makna mendalam yang mencerminkan tiga janji politiknya: taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat.

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan mengungkapkan, pose tiga jari tersebut sebenarnya terinspirasi dari gerakan demokrasi di seluruh dunia. Namun dia tak menampik ada pengaruh dari film populer tersebut.

Simbol tiga jari merupakan simbol perjuangan rakyat, sebagaimana yang terlihat dalam film The Hunger Games. “Salam tiga jari juga ada dalam film itu yang berarti simbol perjuangan rakyat. Jadi sesuai kan?” ujarnya.

Simbol tiga jari dalam The Hunger Games melambangkan pemberontakan terhadap pemerintahan Capitol. Gestur tangan itu juga menjadi bentuk ‘protes’ politik, seperti yang terjadi dalam Olimpiade 1968.

Kala itu, Tommie Smith dan John Carlos menggunakan gesture tersebut untuk menyatakan ‘Black Power’.


Follow Berita Okezone di Google News

Mengenal Film The Hunger Games 

Film The Hunger Games diangkat dari novel karya Suzanne Collins. Film ini berkisah tentang The Hunger Games, kompetisi tahunan yang digelar Capitol sebagai bentuk kontrol dan hiburan bagi warganya. 

Dalam film tersebut, simbol tiga jari menjadi identitas perlawanan Katniss Everdeen terhadap pemerintahan Capitol. Simbol tersebut juga menggambarkan keberanian dan perlawanan terhadap ketidakadilan.

READ  Potret Penegakan Hukum dimasa PPKM

Suzanne Collins, penulis novel Hunger Games, menarik inspirasi dari kehidupan nyata, termasuk tanda serupa yang digunakan oleh organisasi Pramuka. Simbol ini juga menciptakan ikatan emosional di antara masyarakat Distrik 12, tempat tinggal Katniss.*

Source link

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *