Materi Platform Merdeka Mengajar Terbaru 2024

Materi Platform Merdeka Mengajar
Materi Platform Merdeka Mengajar

Madilog.id – Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan terobosan inovatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Platform digital ini menyediakan beragam materi dan sumber belajar yang bermanfaat bagi guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya.

Kurikulum Merdeka, sebagai kurikulum terbaru yang diusung Kemendikbudristek, menekankan pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan karakter peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila sendiri mencakup enam dimensi yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan berkebinekaan global.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada guru dalam memilih dan mengembangkan perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di kelasnya. Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai jembatan untuk mewujudkan kemandirian guru tersebut dengan menawarkan materi dan inspirasi yang relevan.

Konten Terbaru dan Beragam di Platform Merdeka Mengajar

PMM terus diperbarui dengan konten dan sumber belajar terbaru. Berikut beberapa materi andalan yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memperkaya pembelajaran:

1. Asesmen yang Efektif dan Efisien

  • Paket soal daring dan luring: Tersedia berbagai paket soal yang dapat digunakan untuk asesmen harian, tengah semester, maupun akhir semester. Paket soal ini meliputi beragam jenjang pendidikan dan mata pelajaran, sehingga guru dengan mudah mendapatkan soal yang sesuai.
  • Fitur pemeriksaan otomatis: Platform Merdeka Mengajar dilengkapi dengan fitur pemeriksaan otomatis yang memudahkan guru dalam mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik secara cepat dan efisien. Guru dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk koreksi manual.
  • Analisis hasil asesmen yang komprehensif: PMM tidak hanya menyediakan soal dan fitur koreksi otomatis, tetapi juga menawarkan analisis hasil asesmen yang mendetail. Analisis ini membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran, mengidentifikasi ketertinggalan peserta didik, dan menyesuaikan rencana pembelajaran selanjutnya secara lebih terarah.

2. Perangkat Ajar untuk Pembelajaran Inovatif

  • Modul ajar berbasis projek: Platform menyediakan modul ajar yang dikembangkan berdasarkan pendekatan pembelajaran berbasis projek. Modul ini memandu guru dalam menyusun dan melaksanakan projek yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.
  • Modul projek yang komprehensif: Selain modul ajar, PMM juga menyediakan modul projek yang lengkap dengan panduan pelaksanaan projek untuk peserta didik. Modul ini menjelaskan tujuan projek, langkah-langkah pengerjaan, dan kriteria penilaian projek secara rinci.
  • Buku teks elektronik interaktif: PMM menawarkan buku teks elektronik interaktif yang dilengkapi dengan multimedia dan fitur menarik. Buku teks digital ini dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena disajikan dengan cara yang lebih menarik dan mengakomodasi gaya belajar peserta didik yang beragam.
  • Bahan ajar pelengkap: Platform menyediakan berbagai bahan ajar pelengkap, seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan bahan presentasi. Dengan demikian, guru memiliki berbagai pilihan sumber belajar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.
READ  [Review Event] Road To Republic IoT 2019 Kota Semarang

3. Video Pembelajaran Inspiratif

  • Penjelasan materi yang menarik: PMM menyediakan video pembelajaran dengan penjelasan materi yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Video pembelajaran ini dapat digunakan guru sebagai sumber belajar tambahan atau sebagai pengantar sebelum memulai pembelajaran di kelas.
  • Contoh projek dalam praktik: Selain penjelasan materi, platform juga menyediakan video yang menampilkan contoh projek yang dapat diimplementasikan di sekolah. Video ini memberikan gambaran konkret tentang pelaksanaan projek dan dapat menginspirasi guru dalam mengembangkan projek yang sesuai dengan konteks sekolahnya.
  • Tips mengajar untuk Kurikulum Merdeka: PMM menyediakan video yang berisi tips dan strategi mengajar untuk implementasi Kurikulum Merdeka. Video ini membantu guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran dan mengembangkan pendekatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

4. Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi

  • Materi rekaman webinar dan pelatihan: Bagi guru yang tidak sempat mengikuti webinar atau pelatihan secara langsung, PMM menyediakan materi rekamannya. Materi rekaman ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun, sehingga guru dapat belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang mereka inginkan.
  • Komunitas guru online: Platform Merdeka Mengajar menyediakan forum diskusi dan komunitas online bagi para guru. Di komunitas ini, guru dapat saling bertukar informasi, pengalaman, dan ide terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Komunitas online ini menjadi wadah bagi guru untuk saling belajar dan meningkatkan kompetensi bersama.

5. Dukungan Beragam untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Panduan dan tutorial: PMM menyediakan panduan dan tutorial yang mudah dipahami untuk membantu guru dalam menggunakan platform dan menerapkan Kurikulum Merdeka di kelas. Panduan dan tutorial ini mencakup berbagai aspek, seperti penggunaan asesmen, pengembangan projek, dan penggunaan berbagai sumber belajar yang tersedia di platform.
  • Tim dukungan PMM: Guru dapat menghubungi tim dukungan PMM jika mengalami kendala atau membutuhkan bantuan dalam menggunakan platform. Tim dukungan PMM siap membantu guru dengan cepat dan profesional.
READ  Trik Nelpon Gratis Sekaligus Bisa Dapat Uang Tiap Bulan

Manfaat Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Siswa

Platform Merdeka Mengajar memberikan berbagai manfaat bagi guru dan siswa:

Bagi guru:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran: Dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang tersedia di PMM, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Guru dapat menyusun pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, dan berpusat pada peserta didik.
  • Mengembangkan kompetensi: PMM menyediakan berbagai pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi guru. Dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan kompetensi, guru dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.
  • Meningkatkan motivasi dan engagement siswa: Sumber belajar yang menarik dan interaktif di PMM dapat meningkatkan motivasi dan engagement siswa dalam belajar. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Bagi siswa:

  • Kesempatan belajar yang lebih luas: PMM menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat belajar secara mandiri dan meningkatkan pengetahuannya secara lebih luas.
  • Pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif: Sumber belajar di PMM dirancang dengan cara yang menarik dan interaktif. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif, sehingga siswa tidak mudah merasa bosan.
  • Pengembangan karakter dan soft skills: Pembelajaran berbasis projek di PMM membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan soft skills, seperti kerjasama, komunikasi, dan kreativitas.

Kesimpulan

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform digital yang sangat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Platform ini menyediakan berbagai sumber belajar, pelatihan, dan dukungan yang membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan kompetensi. Siswa juga mendapatkan kesempatan belajar yang lebih luas, pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, dan peluang untuk mengembangkan karakter dan soft skills.

Mari manfaatkan Platform Merdeka Mengajar untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan berpusat pada peserta didik!

memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *