Kualifikasi Piala Dunia 2026, Towel: Pemain harus bermain ofensif

Jakarta (ANTARA) –

Pengamat sepak bola Tommy Welly atau yang kerap disapa Bung Towel mengatakan bahwa pemain Timnas Indonesia harus bermain ofensif dan menunjukkan karakter permainan yang kuat, saat menghadapi Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

Dia menjelaskan, setiap pemain harus menunjukkan permainan yang positif dan menyerang, guna memperbesar peluang menciptakan gol.

 

“Yang diharapkan adalah permainan yang lebih kuat, lebih tajam, karena targetnya ‘kan harus menang,” kata Towel kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

 

Lebih lanjut, Towel menjelaskan, untuk mewujudkan permainan yang berkarakter, strategi, dan pilihan pemain, dia menilai itu semua adalah urusan Shin Tae-yong (STY) yang merupakan pelatih dari Timnas Indonesia.

 

Ia menegaskan, setiap pemain yang dipanggil ke timnas merupakan tanggung jawab dari pelatih, sehingga harus dipertanggungjawabkan sepenuhnya alasan melakukan pemanggilan untuk membela Indonesia.

 

 

Ia mengingatkan, dalam dua pertandingan kualifikasi terakhir, Indonesia sudah kalah 1-5 melawan Irak dan seri 1-1 saat bersua Filipina, sehingga target yang harus dicapai nanti adalah merebut kemenangan guna menjaga peluang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

 

Menurut dia, selama ini STY sudah diberikan banyak kemudahan untuk menentukan skuad timnas melalui program naturalisasi, sehingga sudah saatnya menunjukkan hasil yang maksimal dalam laga kualifikasi Piala Dunia.

 

Jadi, tambah dia, kualifikasi Piala Dunia ini adalah momentum untuk melihat sejauh apa STY bisa membawa Indonesia, agar dapat tampil dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola itu.

 

 

“Sama seperti yang sudah kami rencanakan, kami ada 27 (pemain) baru tanggal 18 Maret berkumpul dan memulai TC,” kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto usai memantau pemain dalam final EPA Liga 1 di Lapangan Akademi Garudayaksa, Bekasi, Rabu (6/3).

READ  Pemilu di Los Angeles: Ganjar-Mahfud Menang Hingga Masalah Pemutakhiran Data Pemilih yang Terus Terjadi

 

Nova juga belum dapat memastikan kehadiran dari sejumlah pemain yang berkarir di luar negeri seperti Marselino Ferdinan, Justin Hubner dan Asnawi Mangkualam, karena komunikasi dengan pemain yang bermain di luar negeri dilakukan oleh PSSI.

 

Pada Kamis 21 Maret 2024, tim asuhan Shin Tae-yong menjamu Vietnam dalam pertandingan ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F dan SUGBK terpilih menjadi tempat penyelenggaraan laga tersebut.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *