KPU Sultra sebut enam caleg berpeluang lolos ke DPR

KENDARI (ANTARA) – Ketua KPU Provinsi Sultra Asril mengatakan bahwa hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menunjukkan sebanyak enam calon legislatif (caleg) DPR RI asal Bumi Anoa berpeluang lolos ke Senayan.

“Mereka adalah Bahtra dari partai Gerindra, Tina Nur Alam dari Partai NasDem, Ahmad Safei dari PDIP, Rusda Mahmud dari Demoktrat, Ridwan Bae dari Golkar, dan Jaelani dari Partai PKB,” kata Ketua KPU Provinsi Sultra Asril, di Kendari, Minggu.

Asril mengatakan bahwa perolehan suara terbanyak diraih Partai Gerindra dengan total suara sebanyak 233.478 suara. Adapun caleg partai Gerindra yang berhasil meraih suara terbanyak adalah Bahtra dengan perolehan suara sebanyak 85.596.

“Kemudian disusul dengan perolehan suara Partai NasDem dengan akumulasi suara total 207.276 suara. Untuk caleg yang menduduki kursi DPR RI di Senayan, yaitu Tina Nur Alam dengan perolehan sebanyak 68.683 suara,” ujarnya.

Untuk parpol suara terbanyak berikutnya adalah PDIP dengan akumulasi sebanyak 175.830 suara. Mantan Bupati Kolaka Ahmad Safei menjadi kader PDIP dengan pemilik suara tertinggi sebanyak 58.466 suara.

Kemudian parpol keempat yang mulus mengantarkan satu kadernya ke Senayan adalah Partai Demokrat dengan akumulasi 159.282 suara. Caleg Rusda Mahmud mengunci kemenangan DPR RI dengan 62.078 suara.

“Berikutnya parpol kelima peraih suara terbanyak pada Pileg DPR RI adalah Partai Golkar dengan 149.788 suara, dengan perolehan suara terbanyak diraih oleh Ridwan Bae sebanyak 84.448 suara,” jelasnya.

Asril juga menambahkan bahwa untuk posisi terakhir caleg DPR RI yang berhasil lolos ke Senayan dari Partai PKB dengan total suara sebanyak 147.175. Satu kursi terakhir itu berhasil diraih oleh Ketua PKB Sultra Jaelani dengan perolehan suara terbanyak sebesar 116.426.

READ  Widodo berharap Deltras Sidoarjo bisa maksimalkan laga kontra Persela

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *