Kakorlantas Polri pantau kesiapan operasi lilin 2022 lewat udara

Kakorlantas Polri pantau kesiapan operasi lilin 2022 lewat udara

Jakarta (ANTARA) – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi memantau kesiapan operasi Lilin 2022 jelang natal dan tahun baru 2023 melalui jalur udara.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin malam (12/12), Kakorlantas berangkat dari Mabes Polri menggunakan Helikopter jenis AW189/P-7002. Patroli pantauan udara dilakukan pada jalur lalu lintas Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan dan mendarat di STPDN Jatinangor, Jawa Barat.

Kata dia, pantauan udara arus lalu lintas bertujuan untuk mempersiapkan strategi dan pola pengamanan di titik-titik perbatasan, baik antar provinsi maupun antar kabupaten/kota menjelang menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Tiba di STPDN Jatinangor, Jawa Barat, Firman Shantyabudi mendapatkan pemaparan dari Wadir Polda Jawa Barat AKBP Matrius. Kemudian Kakorlantas melanjutkan pengecekan secara langsung di jalur tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) Jawa Barat.

“Hari ini kami menerima paparan dari beberapa kasatlantas wilayah dan pengelola jalan tol. Kami sudah melihat tol di Cisumdawu dan Japek Selatan karena sesuai dengan informasi dua jalur tol ini akan difungsikan pada saat pengamanan Nataru,” jelasnya.

Dia menyatakan tol tersebut memang sudah dinyatakan layak untuk dilalui, meskipun masih ada sejumlah pekerjaan yang sedang dilakukan.

“Masih ada temukan pekerjaan fisik yang belum selesai, kami akan usulkan untuk sementara dihentikan agar tidak menjadi kendala bagi pengguna jalan yang akan melaksanakan cuti Nataru,” katanya.

Menurutnya ruas tol Cisumdawu yang rencananya akan dibuka menjelang libur Nataru, bisa menjadi pilihan masyarakat untuk melakaukan perjalanan.

Sebelumnya, Korlantas Polri beserta stakeholder melakuakan pengecekan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru di Rest Area KM 68 Serang, Pelabuan Merak, Banten dan Pos Gadog, Jawa Barat pada 5-7 Desember 2022, Pos Lantas Cikopo, Jawa Barat, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur, pada 28-29 November 2022.

READ  GAMKI: Penghapusan Diskriminasi Rasial adalah Kata Kunci Dialog Papua Jakarta, Pemerintah Harus Membentuk Kembali Unit Kerja Khusus untuk Papua

Baca juga: Polri antisipasi teror jelang Natal dan Tahun Baru 2023

Baca juga: Polri fokus kelancaran arus lalu lintas pada Operasi Lilin 2022

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *