Joe Biden ucapkan selamat ke Prabowo karena unggul di Pilpres 2024

Jakarta (ANTARA) – Presiden Amerika Serikat Joseph Robinette Biden Jr. (Joe Biden) mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto karena perolehan suara dia bersama Gibran Rakabuming Raka unggul di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo, yang maju sebagai calon presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024, sementara ini memperoleh 58,82 persen suara sebagaimana hasil rekapitulasi KPU RI per Kamis pukul 19.30 WIB.

Ucapan selamat untuk Prabowo itu disampaikan Biden melalui surat yang diserahkan langsung ke Menhan RI oleh Duta Besar AS untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Yohannes Abraham saat dia berkunjung ke Kantor Kemhan RI, Jakarta, Kamis.

Dalam surat ber-kop “The White House” — merujuk pada Gedung Putih atau Istana Kepresidenan AS, Joe Biden mengucapkan selamat atas Pemilu 2024 yang berhasil terselenggara dengan baik. “Saya ucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan pemilu, yang mana wujud komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan (selamat juga kepada, red.) anda yang unggul dalam perolehan suara. Saya menanti pengumuman hasil resminya,” kata Biden dalam suratnya ke Prabowo.

Biden, dalam suratnya tertanggal 12 Maret 2024 itu, juga menyinggung 75 tahun persahabatan Indonesia dan Amerika Serikat yang terjalin semakin erat karena kesamaan pandangan menjaga nilai-nilai demokrasi dan keberagaman.

Biden meyakini AS bersama-sama Indonesia dapat memelihara stabilitas dunia, termasuk memastikan Indo-Pasifik tetap menjadi kawasan yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.

“Dukungan Anda sebagai menteri pertahanan dalam mewujudkan tujuan-tujuan ini sangat penting. Saya menantikan ikatan dua negara yang semakin erat seiring dengan upaya kita menerapkan poin-poin Comprehensive Strategic Partnership (Kerja Sama Strategis Komprehensif), sekaligus menjajaki peluang kerja sama yang baru,” kata Presiden AS ke Prabowo.

READ  Prabowo Kukuhkan Keunggulannya dalam Jajak Pendapat Baru

Biden optimistis dunia akan semakin aman dan dua negara semakin kuat manakala Indonesia dan AS bersatu.

Dia menutup suratnya dengan berharap yang terbaik untuk Prabowo. “Semoga ke depan, rakyat dua negara kita senantiasa hidup damai, makmur, dan semakin maju,” kata Biden menutup suratnya untuk Prabowo.

Baca juga: Media: Biden bisa batasi bantuan militer AS jika Israel serang Rafah

Baca juga: Moskow klaim AS ingin ikut campur dalam pilpres Rusia

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *