Jepang taklukkan Thailand 5-0 di pemanasan Piala Asia 2023

Jakarta (ANTARA) – Jepang, calon lawan Indonesia di babak grup Piala Asia 2023, menunjukkan diri sebagai tim tangguh dengan menaklukkan Thailand 5-0 dalam pertandingan pemanasan di Tokyo, Senin.

Pelatih tim Samurai Biru Hajime Moriyasu seperti dikutip AFP, mengatakan sedang menyiapkan pasukannya untuk menghadapi Piala Asia di Qatar yang dimulai 12 Januari.

Dalam pertandingan pemanasan itu Moriyasu menurunkan susunan pemain yang tidak berpengalaman karena ada beberapa pemain yang berbasis di luar negeri tidak bisa diturunkan saat melawan Thailand yang juga akan tampil di Piala Asia.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Ao Tanaka memecah kebuntuan bagi juara Asia empat kali itu saat pertandingan di babak kedua berjalan lima menit, di hadapan lebih dari 60.000 penonton pada pertandingan yang digelar bertepatan dengan tahun baru itu. 

Keito Nakamura menambahkan gol kedua sebelum gol bunuh diri Thailand, diikuti sundulan dari Takumu Kawamura, dan tendangan akhir Takumi Minamino melengkapi superioritas Jepang.

Moriyasu akan mengumumkan 26 pemainnya setelah pertandingan uji coba itu, namun pemain sayap Brighton yang cedera, Kaoru Mitoma, masih diragukan partisipasinya.

Pemain berusia 26 tahun itu harus absen hingga enam pekan setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat Brighton bermain imbang 1-1 dengan Crystal Palace pada 21 Desember 2023.

Gelandang Liverpool Wataru Endo dan bek Arsenal Takehiro Tomiyasu diperkirakan akan dipilih untuk turnamen tersebut, bersama dengan gelandang serang Real Sociedad Takefusa Kubo.

Baca juga: Kaoru Mitoma terancam absen bela Jepang di Piala Asia 2023

Moriyasu memberikan kesempatan debut kepada Haruya Fujii, Ryotaro Ito, dan Kanji Okunuki pada pertandingan pemanasan melawan Thailand.

Ito sempat mendapat peluang terbaik pada babak pertama. Ia melepaskan tembakan yang melebar dari tiang, sebelum mengarahkan bola melewati mistar gawang setelah Mao Hosoya memberikan umpan kepadanya.

READ  Indonesia bersama tuan rumah Qatar di Grup A Piala Asia U-23 2024

Moriyasu kemudian melakukan perubahan pada paruh kedua yang terbukti memberikan hasil baik dengan Tanaka mencetak gol pembuka pada menit ke-50.

Tendangan Nakamura membentur tiang 10 menit kemudian dan penyerang Reims itu mencetak gol tak lama setelah itu dari pantulan bola jarak dekat.

Thailand mencetak gol bunuh diri setelah terjadi tendangan sudut tiga menit kemudian, sebelum pemain pengganti Kawamura mencetak gol pada debutnya.

Minamino mencetak gol dari jarak dekat di masa tambahan waktu untuk gol kelima Jepang.

Jepang tergabung di Grup D Piala Asia yang juga berisi Indonesia, Irak, dan Vietnam.

Sementara itu Thailand tergabung di Grup F dan akan bermain melawan Arab Saudi, Kyrgyzstan, dan Oman.

Baca juga: Jordi optimis timnas terbang di Piala Asia meski berstatus underdog

Baca juga: STY optimistis Indonesia penuhi target di Piala Asia 2023

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *