Indra Sjafri pimpin langsung latihan perdana timnas U-20 di Qatar

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia U-20 menggelar latihan perdana pada pemusatan latihan (TC) untuk persiapan menembus Piala Dunia U-20 2025 Chile, di Doha, Qatar, tepatnya di Lapangan Aspire Academy 2, Sabtu (23/12).

Latihan perdana ini dipimpin langsung oleh pelatih timnas U-20 Indra Sjafri diikuti oleh 26 pemain dengan sesi latihan digelar pada sore hari selama 1,5 jam.

“Alhamdulillah, hari ini kami memulai persiapan timnas U-20. Kami akan memulai persiapan selama sepekan di sini,” kata Indra Sjafri, melansir dari laman resmi PSSI, Minggu.

“Cuaca sangat baik, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, dan ini bagus untuk menggelar latihan,” lanjutnya.

Pada latihan perdana ini, para pemain hanya berlatih ringan. Dalam TC ini, Indra berharap bisa mendapatkan informasi yang tepat dan terukur terkait para pemainnya.

“Nanti selama satu minggu ke depan kami akan fokus mengambil profil dari para pemain. Kami melakukan beberapa item test dengan pemain di Qatar ini,” tutur Indra.

TC ini adalah pembentukan tim pertama yang dibentuk Indra untuk nantinya mengikuti sejumlah turnamen di tahun 2024 yakni Piala AFF U-19 2024, kualifikasi Piala Asia U-20 2025, hingga target besar bermain di Piala Dunia U-20 2025.

Oleh karena itu, pelatih yang mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja tersebut mengatakan, untuk mendapatkan kerangka tim terbaik, ia menerapkan sistem degradasi dan promosi pemain.

“Untuk materi pemain pemusatan latihan tahap awal ini bersumber dari pemain-pemain timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov. Kita berharap kepada pemain menggunakan kesempatan ini dengan baik selama di Qatar. Kita tentu evaluasi serta akan ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain,” jelasnya.

READ  Neymar dipastikan absen di Copa America 2024

“Kita akan memanggil pemain-pemain baru yang daftarnya sudah kita inventaris. Kita juga akan memberikan kesempatan kepada anak-anak di luar negeri nanti secara bertahap. Terakhir kalau ada pemain yang benar-benar istimewa, yang bagus kualitasnya, dia keturunan (Indonesia) dan mau bermain untuk Indonesia tapi belum memiliki kewarganegaraan Indonesia, kita juga akan mengajukan ke PSSI untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, satu pemain yang dibawa TC oleh Indra, Hugo Samir mengatakan ia menikmati latihan perdana bersama timnas U-20 di Doha, Qatar.

“Latihan perdana saya menikmati, senang bisa berlatih lagi bersama teman-teman, dan beberapa juga ada yang baru kenal. Latihan ini juga baik untuk saya mengembalikan kondisi kebugaran tubuh,” katanya.

Pesepak bola yang terakhir membela timnas Indonesia U-24 berlaga di ajang Asian Games 2022 lalu itu lalu mengatakan targetnya di TC ini adalah terus menjadi bagian tim untuk membantu Merah Putih meraih prestasi sampai menembus Piala Dunia 2025 di Chile mendatang.

“Kalau target, kami semua satu tim bersama coach (Indra Sjafri), tentu kami ingin lolos lolos Piala Dunia (U-20 2025), kita ingin (lolos ke Piala) AFC (U-20 2025), kemudian di Piala AFF U-19 ingin juara. Pokoknya target kami semua di sini (Timnas U-20) bisa di high level dan bisa bermain di Piala Dunia (U-20 2025),” katanya menambahkan.

Setelah menjalani TC kurang lebih satu minggu di Qatar, timnas U-20 akan melanjutkan TC tahap kedua di Jakarta hingga akhir Januari 2024.

Baca juga: Mulai TC, Timnas Indonesia U-20 bertolak ke Qatar

Baca juga: Indra Sjafri panggil 26 pemain U-20 untuk TC Qatar, ini daftarnya

Baca juga: Garuda Muda menuju Piala Dunia U-20 2025

​​​​​​​Baca juga: Indra ingin cetak sejarah bawa Indonesia di Piala Dunia U-20 2025

READ  Carles Puyol senang dengan pencapaian para pelatih asal Spanyol

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *