Erick yakin Hubner, Walsh, Baggott membuat Timnas kian kuat

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir yakin Timnas Indonesia kian kuat dan memberikan penampilan terbaik di Piala Asia AFC 2023, apalagi dengan bergabungnya tiga pemain naturalisasi, Justin Hubner, Sandy Walsh, dan Elkan Baggott.

“Komplit sudah kekuatan utama Timnas Merah Putih untuk meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023, Qatar. Dengan gabungnya Hubner, Walsh, lalu Baggott, kini tugas berada di tangan coach Shin untuk meramu tim inti agar tampil maksimal mengarungi perjuangan di grup D yang tidak ringan,” kata Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta , Selasa.

Kekuatan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 bertambah. Dua pemain naturalisasi, Justin Hubner dan Sandy Walsh telah merapat bersama 28 pemain lain yang lebih dahulu menjalani persiapan di Antalya, Turki. Satu pemain lainnya, Elkan Baggott dijadwalkan Selasa (2/1) bergabung pula pada pemusatan latihan (TC) tersebut.

Erick Thohir menyambut positif bertambahnya tiga amunisi tim asuhan pelatih Shin Tae-yong itu. Terlebih, Timnas akan menjalani dua laga ujicoba melawan Libya pada tanggal 2 dan 5 Januari di Turki.

Perjuangan timnas di Piala Asia 2023, Qatar akan dimulai pada 12 Januari 2024. Dalam event sepak bola paling akbar di kawasan Asia itu, Pasukan Garuda tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca juga: Timnas lakoni tiga laga pada fase penyisihan grup Piala Asia 2023

Meskipun berada satu grup dengan lawan-lawan yang di atas kertas sangat berat, Coach Shin Tae Yong menargetkan Asnawi Mangkualam dkk. bisa melaju hingga babak 16 besar atau lolos dari penyisihan grup.

“Saya ingin timnas tampil mati-matian. Bukan apa-apa, ini kesempatan besar kita bisa tampil kembali di level Asia sejak terakhir tahun 2007. Jadi sudah 16 tahun tidak main di ajang ini, sehingga sudah seharusnya harus total dan anggap ini kesempatan emas untuk buktikan bahwa level kita bisa bersaing dengan para jawara sepak bola Asia,” kata Erick.

READ  Kakorlantas Polri pantau kesiapan operasi lilin 2022 lewat udara

Dengan bergabungnya Hubner, Walsh, dan Baggott tercatat ada 31 pemain Indonesia yang menjalani TC di Turki. Sebanyak 19 pemain dibawa langsung dari tanah air, sementara lainnya menyusul ke Turki karena mereka merumput di liga-liga luar negeri, seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Rencananya hanya 26 pemain yang pasti dibawa coach STY ke Piala Asia 2023. Seleksi akhir akan ditentukan sebelum turnamen berlangsung.

Selain melawan Libya, sebelum terjun di Piala Asia 2023, timnas Indonesia masih menjalani satu laga ujicoba lagi melawan Iran di Qatar yang diagendakan 9 Januari 2024.

Baca juga: Timnas Indonesia mantapkan latihan taktik jelang lawan Libya

Baca juga: STY optimistis Indonesia penuhi target di Piala Asia 2023

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *