Bisnis Dari Rumah? Ikuti “Tips” Lengkapnya Disini

Bekerja dari rumah tanpa adalah impian setiap orang”. Madilog.id

Memulai bisnis dari rumah, atau yang lebih dikenal dengan bekerja dari rumah merupakan sebuah hal yang begitu banyak didambakan oleh setiap orang, terutama bagi kalangan Ibu Rumah Tangga. Tidak peduli apa tujuan Anda menjalankan bisnis dari rumah; Ingin menjadi bos untuk diri Anda sendiri, atau sekedar mendapatkan penghasilan tambahan, bekerja dari rumah merupakan sebuah peluang yang sangat menjanjikan untuk Anda kerjakan

“Tapi saya gaptek” “Saya tidak tahu apa-apa mengenai hal ini” “Saya tidak ahli dalam hal ini”. Apakah itu yang Anda alami saat Anda memulai bekerja dari rumah? Atau Anda khawatir Anda tidak dapat memulai dengan baik dan benar? Tenang! Bekerja dari rumah tidak mengenal latar belakang Pendidikan, atau pengalaman kerja Anda. Apakah Anda hanya lulusan SMA, atau S2 semuanya tidak menjadi masalah. Ada berbagai macam pilihan yag dapat Anda lakukan. Faktanya adalah, Anda dapat memulainya secara paruh waktu dan Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan terkenal di seluruh dunia, berkat adanya kemajuan teknologi yang mempermudah Anda untuk bisa memulai bekerja dari rumah.

Selain itu, Anda tidak membutuhkan skill, atau keterampilan apapun untuk memulai bekerja dari rumah. Ada beberapa peluang yang dapat Anda kerjakan sesuai dengan minat Anda. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk takut/khawatir untuk bekerja dari rumah!

Jika kita melihat lebih dalam mengenai prospek bekerja dari rumah, peluang ini dapat menjadi sebuah keputusan yang luar biasa untuk Anda dan Keluarga Anda. Namun, sangat membutuhkan perhatian yang sangat tinggi. Bekerja dari rumah dapat menjadi sebuah pengalaman yang indah, namun peluang ini bukanlah untuk semua orang.

Dalam buku ini, akan didiskusikan beberapa hal yang akan Anda harus perhatikan supaya Anda dapat sukses melakukan hal ini. Ada beberapa hal yang dapat Anda lihat mengapa bekerja dari rumah cocok dengan Anda, beberapa keuntungan dan hambatan yang dapat Anda telusuri sebelum Anda memulai bekerja dari rumah.

Akan ada banyak sekali rintangan yang akan Anda hadapi, terutama untuk Ibu Rumah Tangga yang memiliki jadwal super padat. Namun, jangan khawatir! Selalu ada cara; baik itu tips, teknik dan ide supaya Anda dapat sukses bekerja dari rumah.

Salah satu kunci kesuksesan bekerja dari rumah adalah memilih “lahan” yang tepat untuk dapat dikerjakan. Bagaimanapun juga, peluang diluaran sana menyimpan banyak sekali kejutan. Sebelum Anda dapat memulai bekerja dari rumah, sebaiknya Anda teliti dan analisa peluang secara hati-hati dan lihat mana yang cocok sesuai dengan gaya hidup yang Anda mau.

Tidak peduli apakah Anda ingin menjadi pengusaha atau freelancer, ada beberapa hal penting yang akan Anda perhatikan. Muali dari memilih jenis pekerjaan yang tepat, sampai mensetting ruang kerja di rumah Anda, kami akan mendiskusikan dengan Anda mengenai hal yang perlu Anda miliki supaya Anda dapat mewujudkan impian bekerja dari rumah.

Anda mungkin menyukai atau memiliki ide untuk dapat bekerja dari rumah supaya Anda dapat menghabiskan waktu dengan keluarga Anda, namun Anda seringkali berpikir “Apakah bekerja dari rumah ini cocok dengan saya?” Jangan khawatir. Bukan hanya Anda saja yang mengalami hal ini, namun banyak wanita yang mengalami pengalaman serupa.

Bekerja dari rumah membutuhkan dedikasi, disiplin dan kesabaran yang tinggi. Tidak semua orang akan cocok dengan hal ini, dan ini sangat lumrah. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika Anda mau menjadi seorang wanita yang bekerja dari rumah. Terutama jika Anda  seorang Ibu Rumah Tangga. Memiliki pekerjaan ganda akan merubah beberapa hal. Untuk memastikan bahwa Anda dapat bekerja dari rumah dengan baik, sangat penting untuk memperhatikan beberapa aspek, seperti keuangan, dukungan keluarga, dan menghandle prospek/klien. Beberapa akan mengalami stagnan, namun yang lain akan mengalami perkembangan.

Jika Anda berencana untuk meninggalkan pekerjaan tetap Anda ke bekerja dari rumah, keuangan merupakan aspek yang paling vital. Dalam beberapa kasus, dibutuhkan waktu untuk membangun bisnis, atau jasa freelance untuk menggantikan pekerjaan tetap sebagai karyawan. Selain modal, Anda juga membutuhkan dana cadangan untuk membackup saat bisnis/jasa Anda dalam periode startup.

Berapa banyak dana yang perlu disiapkan tergantung dari factor:

  • Pengeluaran Bulanan

Anda harus tahu berapa pengeluaran Anda per bulannya. Pastikan pengeluaran Anda terproteksi tiap bulannya. 3 bulan merupakan periode waktu yang baik. Namun, untuk lebih amannya disarankan menggunakan periode 6-12 bulan. Pastikan Anda memisahkan pos pengeluaran untuk bisnis dan pribadi Anda.

  • Antisipasi Pengeluaran Ekstra

Membangun bisnis dari rumah dapat mengeluarkan modal yang lumayan besar. Disamping Anda akan mengeluarkan biaya untuk kebutuhan hidup Anda, Anda juga akan membutuhkan biaya untuk operasional bisnis Anda, seperti membeli tools, biaya iklan, dsb.  Beberapa dari bisnis startup akan menggunakan pengeluaran mereka untuk menutupi operasional mereka. Namun, untuk bekerja dari rumah, Anda akan mengeluarkan sedikit biaya ekstra untuk hal-hal tersebut.

  • Dana Darurat

Ada kalanya, bisnis kita mengalami suatu musibbah diluar rencana yang sudah kita tetapkan. Nah, pastikan Anda memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Jika aspek keuangan Anda masih belum memungkinkan, pertimbangkan untuk meminta pinjaman, menyiapkan dana cadanga, atau mengerjakannya secara paruh waktu. Ada berbagai macam cara yang dapat Anda gunakan untuk mewujudkan impian Anda jika secara finansial belum mencukupi.


Kesalahan utama saat membangun bisnis dari rumah adalah minimnya dukungan keluarga. Jika anggota keluarga tidak paham mengapa Anda tidak mau diganggu saat Anda sedang bekerja di rumah,  bersiaplah untuk perang dunia, atau perang dingin di rumah Anda.

Nah, untuk Anda mendapatkan dukungan dari keluarga Anda, tanyakan 3 pertanyaan penting ini ke dalam diri Anda:

  • Apakah Saya Sudah Menyampaikan Hal Ini Ke Anggota Keluarga Saya?

Jika belum, lakukan. Pastikan semua anggota keluarga, terutama yang sudah memiliki pemahaman yang dewasa dapat mengerti mengenai waktu kerja Anda di rumah sangat berarti untuk kesuksesan Anda dan Keluarga Anda.

  • Apakah Anggota Keluarga Yang Lebih Senior Dapat Menyediakan Bantuan Untuk Anda Saat Keadaan Darurat?
  •  

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda akan bekerja terus di rumah. Anda juga butuh kegiatan luar ruah, seperti menghadiri event, seminar, meeting, dsb. Saat Anda sedang sibuk menghadiri acara luar rumah, pastikan Anda memiliki seseorang yang dapat membantu Anda untuk menghandle pekerjaan rumah Anda.

  • Apakah Ada Anggota Keluarga Yang terlibat Untuk Membantu Anda Mengerjakan Bisnis Dari Rumah?

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda harus menghandle semua pekerjaan Anda. Akan lebih membantu jika ada anggota keluarga yang membantu Anda untuk menghandle pekerjaan; baik itu bisnis maupun rumah. Sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Bekerja dari rumah merupakan hal yang cukup menantang untuk Anda dan anggota keluarga Anda. Jika Anda bekerja sebagai soerang Ibu Rumah Tangga, tantangannnya akan semakin besar. Namun pada akhirnya, anggota keluarga Anda juga akan siap untuk membantu Anda. Bekerja dari rumah artinya adalah Anda harus siap mengatur prioritas Anda. Jika keluarga Anda jauh dari Anda, maka Anda harus bersiap untuk bekerja ekstra keras.

Tidak peduli seberapa banya uang yang ingin Anda hasilkan, atau dukungan keluarga Anda; jika Anda tidak memiliki disiplin diri, maka Anda akan GAGAL! Disiplin diri merupakan hal terpenting yang harus Anda miliki untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja dari rumah. Hal ini juga berlaku untuk semua pekerjaan; baik karyawan biasa, maupun orang yang bekerja dari rumah.

Untuk memastikan hal ini, tanyakanlah kepada diri Anda sendiri dan jawablah dengan jujur ketiga pertanyaan penting ini:

  • Apakah Saya Orang Yang Dapat Memotivasi Diri Saya Sendiri?

Jika Anda tidak memiliki motivasi diri yang kuat, maka bisnis Anda akan stagnan. Meskipun sebagian dari waktu Anda dapat Anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, namun Anda juga harus tetap mengoperasikan bisnis Anda. Sama halnya dengan membesarkan anak Anda, bisnis juga perlu perhatian dan perawatan supaya dapat berkembang.

  • Apakah Saya Dapat Mengatur Waktu Saya?

Saat Anda menjadi seorang freelancer, Anda dapat mengatur waktu Anda. Hal ini sangatlah penting dan sangat membantu untuk Anda dapat menikmati hidup yang seimbang. Anda dapat beristirahat sebentar, namun jika waktu Anda bekerja, Anda harus melakukannya dengan serius.

  • Apakah Saya Dapat Menahan Godaan?

Salah satu masalah dalam bekerja dari rumah adalah godaan di sekeliling Anda. Ya, jika di kantor Anda tidak bebas karena diawasi oleh Bos Anda; maka sebaliknya, bekerja dari rumah membuat Anda tergoda dengan keadaan sekeliling ANda, seperti membuka situs gossip, facebook, game, dsb. Sebenarnya, hal ini sah-sah saja. Namun, jika Anda terlalu lama dalam godaan tersebut, maka bisnis Anda juga akan hancur.

Apapun jenis pekerjaan yang Anda kerjakan melalui rumah, Anda akan mengalami yang namanya kesepian, atau terisolasi dari dunia luar. Contohnya, seharian Anda akan berkutat dengan computer, Anda pasti akan bekerja seharan di rumah dan tidak bertemu dengan orang lain. Mungkin ini bukan masalah untuk Anda, namun untuk orang lain, hal ini cukup membuat frustrasi. Pastikan Anda memahami bagian ini sebelum Anda memulai bekerja dari rumah.

Ok, bagaimana cara supaya saya tidak mengalami kebosanan saat bekerja dari rumah? Berikut tips yang dapat Anda coba:

  • Bergabung Dengan Klub Bisnis

Ini adalah sebuah pilihan yang sangat tepat! Anda dapat bergabung ke sebuah klub bisnis dengan berbagai keuntungan. Selain menambah ilmu, Anda dapat menambah kenalan dan mempromosikan bisnis Anda di klub ini.

  • Mendapatkan Klien Lokal

Sekalipun bisnis Anda online, bukan berarti Anda harus tetap bekerja di rumah. Jika Anda mendapatkan klien yang tinggal 1 kota dengan Anda, tidak ada salahnya untuk bertatap muka langsung dengan dia.

  • Merencanakan Kegiatan Diluar Jam Kerja

Menonton bioskop, pergi bersama dengan keluarga Anda merupakan salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan diluar jam kerja Anda. Hey, dengan berlibur bukankan akan menambah semangat kerja Anda? Bahkan, Anda dapat menemukan ide/inspirasi baru untuk pekerjaan Anda.

  • Menjadi Relawan

Tidak terbayangkan bukan? Kegiatan sukarela dapat menjadi salah satu alternative pilihan yang bagus. Mengapa? Ada banyak sekali manfaat jika Anda menjadi relawan. Salah satunya adalah Anda akan memiliki banyak kenalan. Selain itu, kesehatan Anda juga akan meningkat, serta pengetahuan Anda juga menjadi luas.

Nah, bekerja dari rumah merupakan pilihan yang sangat luar biasa untuk Anda kerjakan. Namun, jika Anda dapat membagi waktu antara pekerjaan di rumah dan kegiatan di luar rumah, maka Anda akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.

Bekerja dari rumah bukanlah sebuah janji yang muluk-muluk, atau sebuah skema untuk menjadi cepat kaya. Namun, bekerja dari rumah adalah sebuah peluang yang amat sangat menjanjikan, terutama bagi ibu rumah tangga dengan segudang manfaat yang akan memberikan dampak secara finansial, emosi, dan hubungan dengan keluarga.

Apa saja keuntungan jika Anda dapat bekerja dari rumah?

  • Menghemat Pengeluaran Sehari-Hari

Pada umumnya, jika Anda bekerja seperti karyawan kebanyakan, Anda akan mengeluarkan beberapa pos pengeluaran, seperti biaya transportasi, biaya makan siang, biaya makan malam, dsb. Nah, dengan bekerja dari rumah, Anda dapat memotong biaya-biaya tersebut, sekaligus menghemat biaya makan. Bukankah dengan bekerja dari rumah, Anda dapat memasak makanan yang Anda sukai? Selain hemat, tentu saja sehat bukan?

  • Meningkatkan Kualitas Hubungan Dengan Anggota Keluarga

Bekerja dari rumah dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan anggota keluarga yang lain. Jika pada umumnya, pekerja kantoran terikat jadwal perusahaan, maka bekerja dari rumah memiliki jadwal yang fleksibel. Dengan bekerja dari rumah, mereka dapat bekerja sambil mengawasi anggota keluarga mereka. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga.

  • Mengurangi Stress

Jika Anda bekerja kantoran sambil mengurus anak Anda, maka sangat memungkinkan Anda dapat stress, karena Anda tidak dapat memantau langsung apa yang terjadi dengan si kecil. Dilema yang sering terjadi bagi setiap wanita kantoran yang sudah memiliki anak. Dengan bekerja dari ruamh, Anda dapat mengurangi stress, karena Anda dapat mengawasi langsung buah hati Anda.

  • Reward Pribadi

Hey, siapa yang tidak suka diberikan penghargaan. Setiap dari kita pasti sangat senang bukan apabila diberikan sebuah hadiah atas kesuksesan Anda? Nah, tidak peduli apa yang Anda lakukan, apakah Anda berhasil menjual produk, closing project kecil, ataupun menyelesaikan target deadline sebelum waktunya, Anda pasti sangat senang sekali, dan sudah waktunya Anda memberikan hadiah untuk diri Anda sendiri. Menyenangkan sekali bukan?

  • Jadwal Yang Fleksibel

Seni bekerja dari rumah adalah fleksibilitas. Ya, dengan bekerja dari rumah, Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri. Selain itu, fleksibilitas bukan hanya soal jadwal bekerja Anda saja. Namun, Anda dapat bekerja dimanapun berkat kemajuan teknologi yang sangat mendukung.

Masih banyak keuntungan yang Anda dapatkan apabila Anda dapat bekerja dari rumah. Tapi, tahukah Anda, bahwa 95% Ibu Rumah Tangga mengalami kegagalan saat mereka bekerja dari rumah? Mereka mengalami kegagalan, karena mereka menemui kesulitan/hambatan saat bekerja dari rumah. Apa saja itu?

Apakah Anda pernah berpikir bahwa bekerja dari rumah tidak memiliki hambatan sama sekali? SALAH! Setiap pekerjaan, apapun itu pasti memiliki hambatan. Nah, biasanya orang yang berpikir bahwa bekerja dari rumah itu adalah sebuah skema cepat kaya pasti akan cepat “habis”nya, karena mereka tidak kuat dalam menghadapi rintangannya.

Nah, apa saja rintangan/kendala yang akan dihadapi saat Anda mulai bekerja dari rumah?

  • Tidak Dapat Membagi Waktu

Beberapa orang yang bekerja dari rumah tidak dapat membagi waktu mereka antara pekerjaan dan keluarga. Hal ini sangatlah fatal, mengingat tujuan bekerja dari rumah adalah agar Anda dapat meluangkan waktu bersama dengan keluarga Anda. Jika Anda tidak bisa membagi waktu, apa bedanya dengan Anda bekerja di kantor?

  • Terisolasi Dari Dunia Luar

Nah, sudah dibahas di bab sebelumnya, jika Anda terlalu lama di rumah, maka Anda tidak akan pernah terbuka dan belajar hal-hal baru diluar sana.

  • Perasaan Bersalah

Saat Anda sedang bekerja dari rumah sambil Anda melakukan pekerjaan rumah tangga Anda, terkadang Anda harus mengutamakan prioritas pekerjaan Anda dibandingkan dengan pekerjaan rumah tangga Anda. Ada kalanya, Anda harus berkata tidak kepada anak Anda jika ada pekerjaan penting yang harus Anda selesaikan. Hal ini bisa menimbulkan rasa kecewa kepada anak Anda, dan bersalah dalam diri Anda

  • Tidak Professional

Nah, banyak orang yang tidak mau bekerja dari rumah, karena dianggap tidak professional. Misalnya, saat Anda sedang chatting dengan klien/rekan bisnis Anda, pada saat yang bersamaan anak Anda rewel. Nah, suara rewel anak Anda dapat mengganggu komunikasi dengan klien Anda, sehingga Anda akan dicap tidak professional.

  • Lembur

AWAS! Ini juga menjadi salah satu rintangan berbahaya yang sering terjadi saat Anda bekerja dari rumah. Seringkali Anda terlalu bekerja keras melakukan pekerjaan Anda, sehingga Anda sampai lupa waktu. Sehingga, Anda menjadi cepat stress dan lelah. Saran untuk Anda: Luangkan waktu istirahat 15-20 menit di sela waktu kerja Anda.

  • Terlalu “Menggampangkan” Pekerjaan

Hmm, seringkali Anda terlalu meremehkan sebuah pekerjaan yang Anda anggap sepele, bahkan menundanya? AWAS! Hal sepele ini bisa menjadi boomerang untuk Anda. Bahkan bisa membunuh reputasi Anda.

Nah, itulah rintangan yang Anda akan temui saat Anda memulai bekerja dari rumah. Ok, mungkin Anda berpikir ini sangat berat untuk Anda lalui. Bagaimana saya dapat mengatasi rintangan ini?

Pada bab sebelumnya, kita sudah membahas apa saja rintangan yang akan dihadapi oleh Anda saat Anda memulai untuk bekerja dari rumah. Nah, bagaimana cara mengatasi rintangan-rintangan tersebut? Mari kita bahas satu per satu:

  • Persiapkan Jam Khusus Untuk Anda Bekerja

Dengan fleksibelnya waktu untuk bekerja dari rumah, maka Anda dapat menyiapkan jam khusus untuk Anda bekerja. Atur waktu khusus untuk Anda dapat bekerja. Jika Anda masih part time, coba luangkan waktu 1.5-2 jam per hari untuk membuat pekerjaan Anda. Dengan catatan: Anda Harus Fokus Dengan Pekerjaan Anda Tanpa Gangguan Sama Sekali

  • Membuat Ruangan Khusus Untuk Anda Bekerja

Sama seperti Anda bekerja di kantor, Anda membutuhkan “kantor” pribadi Anda sendiri. Saran saya: Gunakan ruang tidur Anda, karena Anda dapat bekerja lebih tenang, atau jika Anda memiliki ruangan yang tidak terpakai, Anda dapat mendekornya seperti ruangan kantor.

  • Sewa Pengasuh Anak

Salah satu beban dalam bekerja dari rumah adalah Anda juga harus mengawasi anak Anda sambil Anda bekerja. Jika Anda merasa ini berat, cobalah pekerjakan pengasuh anak, atau babysitter. Dengan begitu, Anda dapat berkonsentrasi ke pekerjaan sekaligus mengawasi anak Anda.

  • Tujuan: Berlian

Jika Anda diberikan sebuah misi dengan hadiah utama berlian, apakah Anda focus ke tujuan utama Anda, atau Anda malah focus kepada “kepingan perunggu” yang berceceran di sekeliling Anda? Nah, sama seperti halnya Anda bekerja dari rumah. Ada banyak sekali godaan-godaan yang siap menanti Anda pada saat Anda melakukannya. Nah, jika Anda sudah menyiapkan “berlian” untuk diri Anda sendiri, maka Anda jauh lebih produktif.

  • Siapkan Dress Code

Bayangkan diri Anda adalah seorang CEO sebuah perusahaan besar. Apa hal pertama yang ada di dalam pikiran Anda saat Anda membayangkan hal tersebut? Pakaian. Ya! Pakaian Anda menunjukkan kesuksesan Anda. Orang biasanya akan menilai penampilan kita terlebih dahulu. Hal ini sangatlah wajar, mengingat manusia adalah makhluk visual. Selain itu, dengan berpakaian layaknya orang sukses, secara tidak langsung alam bawah sadar Anda akan mengirimkan sinyal dan membuat aura kesuksesan untuk Anda, sehingga Anda lebih produktif.

Wow, tips yang berguna bukan? Anda dapat menerapkan tips sederhana ini untuk Anda.

Bekerja dari rumah sama seperti layaknya Anda bekerja di kantor. Ada berbagai penjurusan/jenis pekerjaan/peluang bisnis yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat, dan passion Anda. Apa sajakah itu?

Jika pada bab sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara mengatasi kendala saat Anda bekerja dari rumah, pada bab ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis peluang untuk bekerja dari rumah.  Salah satu keuntungan disaat Anda mengambil peluang bekerja dari rumah adalah Anda tidak membutuhkan skill apapun untuk memulainya. Hal terpenting dari peluang ini adalah Anda hanya membuthkan keberania untuk memulai dan menyelesaikannya.

Nah, apa saja jenis peluang yang dapat Anda kerjakan?

  • Jualan Online

Peluang ini biasanya sangat diminati oleh banyak wanita, terutama ibu rumah tangga. Anda dapat berjualan barang apapun melalui online. Mulai dari fashion, sampai makanan. Jika Anda memiliki produk Anda sendiri untuk Anda jual, bagus. Namun, jika tidak, ada 2 pilihan yang dapat Anda lakukan, yaitu reseller dan dropship. Apa itu?

  • Reseller adalah kegiatan jual beli barang, dimana Anda bekerjasama dengan sebuah perusahaan supply/supplier dengan cara Anda membeli barang dari mereka dalam jumlah tertentu, lalu Anda jual dengan dengan selisih harga Anda.
    • Dropship mirip seperti reseller. Namun yang membedakan adalah, dalam system dropship, Anda tidak butuh supply barang. Anda hanya membutuhkan website toko online, dan mempromosikannya. Jika ada customer yang memesan, maka barang yang dikirim dari supplier akan menggunakan nama Anda langsung
  • Jasa Penulisan Artikel/Copywriting

Peluang jasa ini juga cukup banyak diminati oleh banyak orang. Mengapa? Karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan artikel maupun copywriting untuk meingkatkan penjualan jasa/produk mereka secara online.

  • Jasa Penterjemah

Jasa ini juga menjadi salah satu trend yang cukup berkembang pesat saat ini. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penterjemahan untuk hal-hal tertentu. Jika Anda memiliki skill Bahasa, jasa ini layak untuk Anda coba

  • Network Marketing/MLM

Bisnis ini juga bisa menjadi sebuah peluang yang dapat Anda tekuni. Memang, perspektif masyarakat tentang bisnis ini negative, karena banyak oknum yang menjalankannya dengan cara yang tidak benar. Namun, jika Anda dapat menjalankannya secara professional, maka Anda akan dicap sebagai seseorang yang professional. Selain itu, perusahaan selalu menyediakan training-training yang berkualitas untuk membantu perkembangan bisnis Anda.

Pastikan Anda memilih perusahaan yang sudah menjadi anggota APLI(Asosiasi Penjualan Langsung), WFDSA (World Federation Direct Selling Assosiaction/Asosiasi Perusahaan Direct Selling Sedunia), Latar Belakang Perusahaan yang jelas, Produk yang jelas, Rekognisi, dan Marketing Plan yang fair.

  • Agen Properti

Menjadi broker property juga bisa menjadi pilihan opsi yang menyenangkan. Selain komisi besar yang ditawarkan, training dan reward, jam kerjanya juga sangat fleksibel.

  • Broker/Pialang Saham/Komoditas

Pialang saham merupakan salah satu pekerjaan yang dapat Anda tekuni dengan penghasilan yang besar, namun juga dengan resiko yang besar juga. Salah sedikit, maka kemungkinan besar Anda juga mengalami loss/rugi yang besar. Oleh sebab itu, perusahaan akan memberikan training sebelum Anda memulainya. NB: Pastikan Anda memilih perusahaan yang menjadi anggota OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

  • Data Entry

Jika Anda masih ragu untuk berjualan, Anda dapat memulai sebagai data entry. Tugas dari seorang data entry adalah memasukkan data-data; baik berupa angka maupun tulisan menggunakan excel.

  • Franchise

Yap, ini adalah salah satu peluang bisnis yang dapat Anda coba apabila Anda memiliki modal yang lumayan. Anda tidak usah pusing untuk membangun dari 0, karena Anda tinggal membeli lisensi, dan untuk keperluan operasional akan disediakan oleh perusahaan. Anda tinggal mengikuti trainingnya, dan langsung dapat mengoperasikannya.

  • Jasa Coaching/Kursus/Pelatihan

Anda memiliki keterampilan/skill? Atau Anda memiliki passion untuk mengajar/membantu orang lain? Mengapa Anda tidak membuka jasa pelatihan/kursus? Dengan Anda membuka jasa pelatihan/kursus, Anda dapat membantu orang lain sesuai dengan minat mereka.

Wow, ternyata banyak sekali ya pilihan yang dapat Anda lakukan untuk Anda bekerja dari rumah. Ok, sebelum kita melangkah lebih lanjut, saya sering mendengar banyak complain seperti ini:

“Saya tidak memiliki skill/keterampilan. Dimana saya harus belajar skillketerampilan supaya saya dapat bekerja lebih maksimal?”

Nah, ada beberapa cara untuk Anda dapat meningkatkan skill Anda. Dimana sajakah itu?

Salah satu alasan mengapa orang takut memulai untuk bekerja dari rumah adalah mereka tidak memiliki skill yang memadai. Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk bekerja dari rumah mereka membutuhkan skill yang memadai layaknya bekerja kantoran pada umumnya.

Dalam hal ini saya setuju. Namun, seiring berjalannya waktu, saat kita mengerjakan pekerjaan dari rumah, skill kita juga akan meningkat. Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skill bekerja dari rumah; diantaranya:

  1. Kursus

Kursus sudah banyak di mana-mana; baik itu online ataupun offline. Anda bisa mengikuti berbagai macam kursus yang tersedia untuk meningkatkan skill Anda; sehingga Anda lebih percaya diri saat Anda memulai untuk bekerja dari rumah.

  • Pelatihan Kejuruan Bersertifikat

Sangat direkomendasikan untuk Anda mengambil pelatihan jenis ini. Mengapa? Karena Anda akan mendapatkan keterampilan + sertifikat yang akan membantu Anda untuk menaikkan reputasi bisnis/pekerjaan Anda

  • Pelatihan Perusahaan

Apakah Anda bergabung/bekerjasama dengan perusahaan franchise/MLM/property/traiding? Jika ya, Anda adalah orang yang sangat beruntung. Salah satu keuntungannya adalah, Anda biasanya akan disupport oleh perusahaan untuk memajukan usaha Anda, karena Anda bergabung sebagai seorang associate/rekan dari perusahaan Anda.

  • Pelatihan Untuk Bisnis Skala Kecil

Pelatihan untuk bisnis skala kecil sudah semakin banyak. Disana Anda dapat belajar dari para pakar; maupun orany-orang yang sudah sukses di bidangnya. Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda dan berkenalan dengan orang banyak untuk menambah koneksi

Nah, ternyata ada banyak sekali ya pelatihan untuk menambah keterampilan Anda. Ok. Pertanyaan selanjutnya adalah: Dimana saya dapat mencari peluang untuk bekerja dari rumah?

Ya, pada bab ini kita akan membahas mengenai TKP/lokasi dimana Anda dapat menemukan peluang bekerja dari rumah. Ada banyak sekali TKP (Tempat Ketemu Peluang); baik secara offline, maupun online. Namun, sayangnya dibalik nikmatnya peluang ini, ada banyak sekali oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil uang haram. Nah, untuk menghindari hal-hal ini, ada beberapa lokasi yang dapat Anda gunakan untuk menemukan peluang ini:

Ada banyak sekali situs pencari kerja; baik yang menawarkan pekerjaan secara tetap, maupun freelance, dan komunitas online. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat Anda menggunakan situs pencari kerja:

  1. Identifikasi Bidang yang Anda Sukai

Pertama, Anda harus tahu dulu apa yang menjadi bidang apa yang Anda sukai/Anda minati. Jika Anda tidak mengetahui apa yang menjadi kesukaan Anda, bagaimana Anda dapat memulai bekerja dari rumah?

  • Manfaatkan Media Online

Ada banyak sekali situs-situs yang menawarkan peluang untuk bekerja dari rumah, namun ada 3 jenis situs yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari peluang ini; diantaranya:

  1. Website Freelancer: Website ini biasanya menyediakan pekerjaan untuk para freelancer. Anda dapat memanfaatkan website ini untuk enemukan pekerjaan lepas sesuai dengan bidang yang Anda minati. Contoh: sribulancer.com, freelancer.co.id, projects.co.id, sribu.com, dsb.  
    1. Website Pencari Kerja: Hey, tidak ada salahnya untuk Anda menggunakan situs pencari kerja resmi. Biasanya, ada beberapa perusahaan (umumnya startup) yang mencari tenaga dengan system bayaran freelance. Contoh: jobstreet.co.id, jobsdb.com, karir.com, loker.co.id, monser.co.id, dsb
    1. Komunitas Online/Social Media: Hmm, mengapa tidak? Selain Anda dapat mencari informasi mengenai sebuah peluang, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali kenalan baru untuk sharing mengenai berbagai macam peluang. Comtoh: linkedin.com, meetup.com

Yap, dengan adanya kemajuan teknologi, Anda bisa menemukan banyak sekali peluang untuk Anda bekerja dari rumah. Namun, hal ini juga dapat menjadi pedang bermata dua. Disisi lain, ada banyak oknum-oknum jahat yang siap merampas uang Anda/menggunakan Anda untuk kepentingan yang berbau kriminalitas. Nah, bagimana cara kita terhindar dari oknum-oknum yang mencoba menipu kita?

Ok, Anda melihat ribuan; bahkan jutaan iklan yang berbicara peluang bekerja dari rumah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak iklan di internet yang justru adalah iklan scam, atau penipuan. Nah, bagaimana cara Anda dapat waspada terhadap iklan yang bertebaran supaya Anda dapat untung bukan buntung?

  1. Cek Riwayat Perusahaannya

Ada banyak perusahaan abal-abal yang bertebaran di luaran sana. Sebaiknya, Anda memeriksa reputasi perusahaan tersebut. Bagaimana reputasinya? Apakah bagus, atau buruk? Bagaimana mereka memperlakukan karyawannya? Apakah kompensasi yang diberikan sesuai dengan pekerjaan Anda? Untuk website freelance, bagaimana system penilaian ratingnya? Lalu untuk perusahaan; baik franchise, MLM, property, saham, dsb; bagaimana mereka memberikan kompensasinya? Apakah trainingnya dapat membantu setiap individu untuk berkembang? Bagaimana kekuatan perusahaannya? Ingat: jangan Membeli Kucing Dalam Karung! Selalu lakukan cek&ricek ke setiap perusahaan

  • Jangan Termakan Oleh Janji Manis

Banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan janji manis yang menggiurkan, seperti “Modal sedikit, Untung bisa mencapai Milyaran Rupiah” atau “Kerja 2 Jam Hasilkan Milyaran Rupiah”. Awas! Waspadai hal ini, karena seringkali digunakan oleh oknum yang berbisnis money game/skema ponzi. Kecuali franchise. Biasanya franchisor/pemilik franchise sudah memperhitungkan modal/investasi yang akan dikeluarkan oleh franchisee/penerima waralaba, operasional, dan lama BEP.

  • Gunakan Kontrak Kerja

Untuk para freelancer, selalu gunakan kontrak kerja ke klien Anda untuk menghindari kecurangan dalam proyek.

  • Hindari Peluang yang Tidak Cocok Dengan Anda

Jika Anda menyukai bagian penterjemahan, atau tulis menulis, jangan melamar di bagian data entry. Hey, diluaran sana masih banyak peluang yang cocok dengan Anda. Coba cari terus sampai Anda dapat!

Nah, itulah cara supaya Anda terhindar dari beberapa hal yang dapat menjebak Anda saat Anda bekerja dari rumah. Jika Anda sudah mendapatkan peluangnya, biasanya Anda akan dipanggil ke perusahaan/mengapply pekerjaan yang Anda tujukan. Bagaimana cara Anda menghandlenya?

Nah, jika Anda sudah dibekali mengenai lowongan iklan asli dan abal-abal, sekarang Anda akan dibekali skill bagaimana mengapply lowongan peluang kerja dan sesi interview.

Sesi ini merupakan sesi yang sangat penting, dimana disini Anda akan melihat bagaimana cara mengapply pekerjaan secara online dan persiapan interview.

Nah, yang pertama, kita akan membahas tips bagaimana Anda dapat mengapply pekerjaan secara online:

  1. Siapkan CV Anda Semenarik Mungkin

Yap, buatlah CV Anda semenarik mungkin. Tulis pengalaman kerja + skill yang Anda kuasai, lalu buat desain CV Anda semenarik mungkin. Ada banyak free template untuk CV yang dapat Anda download dan Anda gunakan.

  • Siapkan Diri Anda Untuk Dihubungi

Jangan silent HP Anda. Selalu aktifkan HP Anda. Cek email Anda. Siapa tahu Anda akan langsung dihubungi hari itu juga. Kita tidak akan pernah tahu kapan kesempatan itu akan datang, bukan?

  • Persiapkan Diri Anda  

Siapkan baju/dresscode yang rapi, dan formal. Ingat, pakaian yang rapi, sopan dan formal akan menimbulkan kesan pertama dari sang pewawancara

Ya! Jika Anda sudah siap dengan semua ini, kita akan masuk ke sesi selanjutnya, yaitu sesi interview, dimana sesi ini Anda akan berhadapa langsung dengan user yang akan bekerjasama dengan Anda. User/PIC adalah orang yang akan memantau kinerja Anda. Bisa Owner/Manager.

Nah, berikut tips dalam menghadapi wawancara:

  1. Serius Tapi Santai

Jangan terlalu tegang. Anggap saja seperti berbicara dengan sahabat Anda. Namun, jaga komunikasi Anda dengan user yang mewawancarai Anda.

  • Jaga Kontak Mata Anda

Mata adalah salah satu kunci komunikasi Anda. Mata dapat menggambarkan karakter asli Anda. Apakah Anda orang santai, jujur, atau malah Anda terlihat menyembunyikan sesuatu?

  • Jual Diri Anda Sendiri Secara Jujur & Realistis

Jangan takut untuk menunjukkan jati diri Anda yang sebenarnya. Proses wawancara sebenarnya sama seperti proses menjual sebuah barang/jasa. Namun, disini Anda menjual diri Anda sendiri. Jadilah diri Anda sendiri. Jika Anda tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan, abaikan/bilang saya tidak bisa. Serta, jika Anda melihat sebuah posisi degan bayaran menggiurkan, namun Anda tidak memiliki skill yang memadai, lewati saja. Anda jangan takut untuk menanyakan system kerja, bayaran, dsb. Itu adalah hak Anda sebagai seorang calon “karyawan” lepas

Nah, demikian tips bagaimana Anda mempersiapkan diri Anda untuk mengambil peluang bekerja dari rumah. Sekarang, kita akan masuk ke dalam sebuah sesi yang menyenangkan, yaitu: “Barang Apa Saja yang Anda Butuhkan Untuk Anda Dapat Bekerja Dari Rumah?”

Selamat! Anda telah memulai untuk bekerja dari rumah! Bekerja dari rumah sama halnya seperti Anda bekerja kantoran pada umumnya. Anda akan memiliki ruangan khusus untuk Anda bekerja. Anda dapat memilih ruangan apapun yang dapat Anda jadikan “kantor” Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa barang-barang dasar untuk efisiensi Anda. Barang-barang tersebut adalah:

  1. Meja Kerja

Ini adalah barang WAJIB yang harus Anda miliki. Anda tidak dapat bekerja maksimal jika tidak memiliki hal ini. Selalu rapikan meja kerja Anda, dana tur setiap file yang ada di meja Anda.

  • Map Arsip

Mungkin Anda berpikir, mengapa saya harus memiliki barang jadul ini? Hey, Anda membutuhkannya untuk menyimpan surat kontrak kerja/bukti pembelian/arsip penting lainnya jika suatu saat diperlukan. Bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan?

  • Komputer/Laptop

Ini adalah perangkat wajib yang harus Anda miliki setelah meja kerja. Siapa sih yang tidak membutuhkan computer di era sekarang? Ika Anda tidak memiliki modal untuk membeli PC, gunakan laptop.

  • Printer/Scanner

Akan lebih baik jika Anda membeli printer+scanner untuk mennghemat uang Anda

  • Agenda Kerja

Jangan lewatkan hal yang satu ini! Anda membutuhkannya supaya Anda tetap “terjaga dan terikat” dengan rencana kerja Anda.

  • Kebutuhan yang Lain

Kertas, pen, pensil, post-it, kartu nama, dsb.

Nah, itulah hal-hal yang Anda butuhkan untuk “kantor” Anda di rumah. Langkah selanjutnya adalah Anda berpromosi. Ya! Bekerja dari rumah bukan berarti Anda hanya duduk manis saja menunggu klien. Anda membutuhkan promosi supaya Anda dapat dikenal luas oleh masyarakat! Nah, bagaimana cara berpromosi yang efektif?

Nah, pada bagian ini, kita akan belajar bagaimana melakukan promosi yang efektif. Promosi merupakan salah satu titik vital yang menentukan kesuksesan Anda untuk bekerja dari rumah. Sayangnya, banyak orang yang masih belum tahu dimana mereka dapat melakukan promosi. Nah, pada bab ini, akan diberikan tempat yang cocok untuk melakukan promosi:

  1. Media Cetak

Di era digital saat ini, media cetak masih menjadi salah satu media paling relevan yang dapat Anda gunakan. Anda dapat memasang iklan untuk barang/jasa Anda di iklan baris yang ada di media. Selain itu, Anda dapat menggunakan flyer yang dapat Anda bagikan/taruh di tempat umum seperti ATM, Restoran, dsb.

  • Online

Online merupakan salah satu cara yang banyak diminati oleh para pebisnis saat ini karena jangkauannya yang luas. Ada 2 cara yang dapat Anda pilih untuk Anda beriklan online, yaitu secara gratis dan berbayar. Untuk gratis, Anda dapat menggunakan social media seperti facebook, Instagram, twitter, blog, dsb. Lalu untuk berbayar, Anda dapat menggunakan google ads, facebook ads, dsb. Pastikan jika Anda mengggunakan iklan berbayar, Anda memiliki budget yang cukup.

Nah, masih ada 1 cara lagi dimana Anda dapat mempromosikan bisnis Anda. Cara ini, selain dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda, juga dapat meningkatkan reputasi diri Anda sendiri sebagai seorang pebisnis tulen. Hebatnya, cara ini juga GRATIS! Bagaimana caranya?

Selamat datang di tempat elite! Pada bab sebelumnya sudah kita bahas mengenai cara berpromosi. Nah, di sini ada sebuah cara dimana Anda akan dapat mempromosikan bisnis dan diri Anda. Cara itu adalah: Melakukan kegiatan Networking. Networking adalah sebuah kegiatan dimana tujuan Anda adalah membangun hubungan dengan orang lain, dan belajar hal baru dari perspektif mereka. Nah, Anda pasti bingung, dimana saya dapat melakukan networking?

Ini tempat dimana Anda dapat melakukan networking:

  1. Seminar Bisnis/Workshop

Ada banyak seminar bisnis, baik skala besar maupun kecil dimana Anda dapat membangun hubungan kepada setiap individu sekaligus mempromosikan bisnis Anda

  • Komunitas

Hmm, mengapa Anda tidak bergabung dengan sebuah komunitas? Terutama komunitas bisnis. Disana Anda akan belajar banyak dari para ahlinya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali kenalan baru

  • Online

Jika Anda malas untuk keluar rumah, inilah cara terbaik. Anda dapat menjalin hubungan secara online dengan siapa saja melalui social media. Ingat, jangan langsung promosi bisnis. Bangun hubungan baik terlebih dahulu dengan orang-orang yang ada di social media. Jika mereka membutuhkan produk/jasa Anda, Anda bisa melanjutkan melalui private chat/inbox supaya lebih professional

Nah, itulah cara Anda dapat membangun hubungan/networking dengan orang lain.

Sekarang, Anda sudah memiliki pelanggan/klien. Apakah Anda ingin memiliki klien yang menceritakan betapa hebatnya bisnis Anda? Atau sebaliknya?

Pada bab ini, kita akan membahas sebuah rahasia, dimana rahasia ini dapat membawa bisnis Anda menjadi sukses, atau malah sebaliknya; bisnis Anda menjadi gagal. Inilah yang dinamakan angsa bertelur emas Anda, atau reputasi bisnis Anda.

Membangun reputasi dalam bisnis Anda sangatlah penting! Jika Anda memiliki reputasi yang baik di mata klien Anda, maka klien Anda dapat merefrensikan Anda kepada temannya, atau sebaliknya.

Nah, berikut bagaimana cara Anda dapat membangun reputasi yang baik di mata klien Anda:

  1. Jaga Ucapan Anda

Mulutmu adalah harimaumu. Begitulah pepatah yang Anda sering dengar. Jaga ucapan dan janji Anda kepada klien Anda, maka bisnis Anda akan terbangun secara kuat.

  • Berikan Service Terbaik Anda

Selain ucapan, klien juga akan melihat service/pelayanan Anda kepada klien. Jika Anda berani memberikan lebih dari yang diharapkan, ini juga akan meningkatkan reputasi bisnis Anda.

  • Integritas

Miliki integritas. Jika Anda berlaku sesuai dengan yang Anda ucapkan, maka klien Anda akan jauh menghargai Anda 100x lipat.

Nah, itulah telur emas yang Anda harus jaga, dan pelihara. Sekarang, pernahkah Anda terpikir untuk pensiun dini dari uang hasil kerja keras Anda selama ini?

Nah, bagaimana caranya supaya Anda dapat menikmati pensiun dini Anda? 

Nah, sekarang Anda sudah memiliki penghasilan dari bekerja dari rumah. Pertanyaannya adalah: “Mau dikemanakan uang hasil kerja Anda?”

Daripada Anda habiskan untuk keperluan yang tidak jelas, mengapa Anda tidak mencoba untuk menginvestasikan uang Anda supaya menjadi passive income untuk Anda?

Nah, dengan berinvestasi, selain uang Anda akan aman, Anda juga akan mendapatkan bunga dari investasi Anda; tergantung investasi apa yang Anda ambil. Ada beberapa investasi yang disarankan untuk Anda, diantaranya:

  1. Emas

Emas merupakan salah satu bentuk investasi untuk Anda yang masih pemula. Mengapa? Selain harganya stabil, Emas juga dapat dicairkan kapanpun. Saat harga emas naik; jika Anda sedang membutuhkan dana darurat, maka Anda dapat mencairkannya.

  • Reksadana

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Jenis investasi ini biasanya banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Selain modalnya yang relative kecil, likuiditasnya juga sangat mudah

  • Deposito

Deposito adalah produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati waktu tertentu. Biasanya system deposito adalah berjangka; antara 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya. 

  • Saham

Jika Anda memiliki uang lebih, mengapa Anda tidak mencoba untuk menanamkan uang Anda di saham? Untung memang besar, namun waspadalah karena resikonya juga besar.

  • Properti

Jenis investasi ini juga menguntungkan. Anda dapat menyewakan property Anda kepada orang lain. Selain itu, jika harga property naik, Anda dapat emnjualnya lagi dengan harga yang tinggi.

Nah, itulah jenis investasi yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi. Pastikan investasi tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menghindari investasi abal-abal.

Nah, saat Anda bekerja, pasti Anda akan mengalami yang namanya stress. Hal itu tidak bisa dihindari lagi. Nah, bagaimana cara Anda menghandle stress Anda?

Saat Anda mulai bekerja dari rumah, Anda pasti akan mengalami stress. Hal ini wajar, mengingat ada kebosanan yang akan Anda alami. Nah, bagaimana cara Anda menghandle stress Anda? Berikut tipsnya:

  1. Atur Waktu Anda

Sekali lagi, ini hanya masalah waktu. Bagilah waktu Anda untuk bekerja dan bermain bersama anak Anda. Dijamin, stress Anda akan hilang

  • Manfaatkan Waktu Luang

Anda dapat mennggunakannya untuk mengerjakan hobi Anda, pergi bersama anak Anda, ataupun beristirahat

  • Realistislah

Meskipun Anda bekera dari rumah, Anda tidak mungkin harus menghandle pekerjaan Anda sendirian seharian di rumah, bukan? Sesekali, jika Anda bosan, pergi keluar untuk menghirup udara segar agar stress Anda hilang

  • Sabar

Hey, bekerja dari rumah bukanlah simsalabim yang besok langsung jadi. Bekerja dari rumah tetap membutuhkan waktu. Jadi, bersabarlah. Nikmati prosesnya

Memilih untuk bekerja dari rumah merupakan sebuah keputusan terbaik yang pernah Anda buat dalam hidup Anda. Dengan kesabaran, ketekunan, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksmial, inilah langkah yang Anda butuhkan:

  1. Ikuti Kata Hati Anda

Apakah Anda mau menjadi seorang pekerja rumah full time, part time, ataupun Anda tidak cocok dengan peluang ini. Itu tidak jadi masalah. Dengarkan kata hati Anda. Jika ada sebuah pilihan yang tidak cocok dengan Anda, tidak masalah jika Anda tidak memilihnya.

  • Pilh Bidang yang Tepat

Anda tidak perlu memiliki gelar sarjana setinggi mungkin untuk menjadi seorang Ibu Rumah Tangga yang bekerja dari rumah. Anda hanya butuh untuk memilih bidang yang tepat sesuai dengan minat Anda, skill yang dibutuhkan, dan Anda siap untuk bekerja dari rumah sekarang juga.

  • Libatkan Anggota Keluarga   

Terbukalah dengan anggota keluarga Anda dan beritahukan jika Anda sedang memulai untuk bekerja dari rumah. Jika Anda sedang repot, libatkan suami/anak Anda (jika mereka telah cukup umur) untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan Anda; baik pekerjaan rumah tangga, maupun pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda

  • Ukur Parameter Anda

Siapkan apa yang Anda perlukan untuk bekerja dari rumah, atur waktu Anda, dan bekerjalah! Selalu ukur hasilnya untuk dapat dievaluasi, sehingga Anda dapat melihat progress Anda

  • Jaga Pendapatan & Pengeluaran Anda

Jangan tergoda untuk membeli investasi yang sebenarnya belum Anda butuhkan. Hal terpenting adalah bagaimana Anda dapat mengatur pos pengeluaran Anda saat ini.

  • Santai

Hei, jangan terlalu serius memikirkan pekerjaan Anda. Sesekali bawlaha diri Anda untuk bersantai. Siapa tahu Anda dapat menemukan solusi dari masalah Anda, bukan?

Jika Anda mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan, dan Anda sudah mengetahui segala kemungkinan yang terjadi, maka pekerjaan Anda dapat menjadi surga bagi Anda.

Selamat Memulai Bekerja Dari Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *