Dokter kulit: pelembap penting digunakan selama puasa

Jakarta (ANTARA) – Kepala Dokter sekaligus Co Founder Privee Clinic Almod Wibowo mengungkapkan kadar air yang cukup dalam kulit dapat mendukung produksi kolagen yang penting untuk menjaga kekencangan dan kelembutan kulit.

“Sehingga, moisturizer atau pelembap menjadi produk perawatan kulit yang penting untuk menjaga kelembapan kulit selama Ramadhan,” ujarnya.

Terlebih saat bulan puasa, menjaga kesehatan kulit menjadi perhatian penting bagi banyak orang, terutama saat musim pancaroba yang menyebabkan kulit sebagai organ terbesar yang membutuhkan kelembapan untuk tetap sehat dan elastis, katanya.

Baca juga: Kiat mendapatkan kulit sehat dan “glowing” saat berpuasa

Baca juga: Wajah sehat saat Lebaran bisa didapat dari perawatan kulit rutin

“Kulit itu faktor utamanya adalah air, jadi kolagen kita bisa sehat kalau kadar airnya cukup. Jadi yang terpenting adalah moisturizer dan kalau bisa yang memiliki lapisan agak kuat atau yang kita sebut Ceramide dalam artian, kalau kita kena panas, air di kulit kita tidak menguap,” kata Almond saat ditemui di Jakarta, Minggu.

Ceramide merupakan kandungan yang tersapat dalam moisturizer untum membantu menjaga agar kelembapan tetap terperangkap di dalam kulit, sehingga mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Selama bulan puasa, dimana asupan cairan dan makanan berkurang membuat kulit cenderung menjadi lebih kering. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan moisturizer secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit.

Moisturizer membantu menjaga agar kulit tetap lembut dan terlindungi dari efek dehidrasi atau kekurangan cairan selama puasa.

“Nah makanya kita lapisin moisturizer yang bagus. Kalau pakai moisturizer kandungan air itu tertahan di dalam kulit, jadi lapisan kolagen kita tidak pernah kering dan kekurangan air, sehingga tidak pecah. Inti yang utamanya adalah kalau selama bulan puasa tolong pakai moisturaizer,” ujar Almond.

READ  Sahat MP. Sinurat dan Alan C. Singkali terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Umum GAMKI Periode 2023-2026

Dengan menggunakan moisturizer secara teratur, maka kesehatan kulit akan terjaga selama bulan puasa. Pastikan juga untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan gunakan secara konsisten untuk hasil yang optimal.

Baca juga: Pakar sarankan lima produk perawatan kulit rutin dipakai saat puasa

Baca juga: Dokter kulit jelaskan efek infus vitamin saat berpuasa

Baca juga: Pakar estetika bagikan kiat jaga kesehatan kulit selama puasa

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *