China ditahan imbang tim debutan Tajikistan di Piala Asia 2023

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional China ditahan imbang oleh tim debutan Tajikistan dengan tanpa gol pada laga pertama grup A Piala Asia 2023 Qatar.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu malam WIB, Tajikistan meraup satu poin setelah menahan imbang China 0-0.

Pada 15 menit babak pertama, Tajikistan langsung mengambil inisiatif untuk menekan barisan pertahanan China.

Aksi dari penyerang sayap kiri Alisher Dzhalilov hampir membahayakan gawang China yang dijaga Junling Yan. Namun sepakan dari Dzhalilov masih membentur blokade dari Jiang Guangtai.

Tujuh menit berselang, Dzhalilov menusuk ke barisan pertahanan China tapi kali ini sepakannya masih bisa ditangkap oleh Junling Yan.

Dzhalilov kembali menebar teror di barisan pertahanan tim berjuluk The Dragon tersebut. Pada menit ke-30, Dzhalilov melepaskan sepakan kaki kiri tapi kembali bisa diantisipasi dengan baik oleh Junling Yan.

Hingga peluit babak pertama berakhir, Tajikistan telah melepaskan sembilan tembakan dan dua tembakan mengarah ke gawang. Sementara China hanya mampu melepaskan dua tembakan yang belum menyasar ke gawang.

Baca juga: Qatar bungkam Lebanon 3-0 pada laga pembuka Piala Asia 2023

Memulai babak kedua, Tajikistan mengambil inisiatif untuk terus menembus tembok China.

Aksi sepakan salto dari Dzhalilov masih membentur barisan pertahanan dari China dan hanya menghasilkan tembakan sudut.

Pada menit ke-60, China kini mampu tampil lebih keluar dengan menguasai ritme permainan. Dua pemain pengganti Xu Xin dan Zhang Yuning yang menggantikan Wang Qiuming dan Tan Long, seolah membawa nafas baru bagi lini serang China.

Pada menit ke-80, melalui skema tendangan sudut Zhue Chenjie mampu menyarangkan gol melalui sundulan setelah terjadi kemelut di depan gawang Tajikistan. Tapi wasit yang mengecek Video Assistent Referee (VAR) menganulir gol Chenjie karena Jiang Guang Tai telah berada di posisi offside sebelumnya.

READ  Persebaya hanya mampu bermain imbang lawan Persis

Hingga peluit babak kedua berakhir, China dan Tajikistan sama-sama gagal mencetak gol dan skor imbang 0-0 bertahan.

Dengan hasil ini, tuan rumah Qatar masih memimpin klasemen sementara Grup A dengan perolehan tiga poin setelah pada pertandingan pembuka menang 3-0 atas Lebanon. Sementara China dan Tajikistan secara berurutan menghuni peringkat ke-2 dan ke-3 klasemen sementara dengan mengoleksi satu poin.

Susunan pemain:

China (3-5-2): 1-Yan Junling; 2-Jiang Guang Tai, 5-Zhang Linpeng, 19-Liu Yang; 3-Zhue Chenjie, 21-Liu Binbin, 26-Wang Qiuming, 18-Dai Wai-Tsun, 6-Wang Shangyuan; 11-Tan Long, 7-Wu Lei

Pelatih: Aleksandar Jankovic

Tajikistan (4-3-3): 1-Rustam Yatimov; 6-Vakhdat Khanonov, 19-Akhtam Nazarov, 2-Zoir Dzhuraboev, 5-Manuchekir Safarov; 17-Ehson Panjshanbe, 14-Alisher Shukurov, 7-Parvizdzhon Umarbayev; 10-Alisher Dzhalilov, 9-Rustam Soirov, 13-Amadoni Kamolov

Pelatih: Petar Segrt

Baca juga: Australia petik kemenangan perdana di Piala Asia 2023

Baca juga: Ajang Piala Asia AFC dimulai di Qatar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *