Capres Ganjar hadiri acara deklarasi dukungan JPSN di Solo Raya

Karanganyar (ANTARA) – Calon Presiden Nomor 3 Ganjar Pranowo telah menghadiri acara deklarasi dukungan dari Jaringan Pencak Silat Nasional (JPSN) Solo Raya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md, di Desa Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu.

Ganjar Pranowo dalam kesempatan tersebut mengatakan pencak silat merupakan peninggalan nenek moyang yang memiliki nilai luhur luar biasa. Seperti halnya peninggalan nenek moyang lainnya, pencak silat merupakan seni bela diri yang mengajarkan kebaikan.

“JPSN Solo Raya merupakan kumpulan pencak silat tradisi yang luar biasa, ada ilmunya, pengetahuannya dan ada caranya,” kata Ganjar Pranowo.

Oleh karena itu, kits sebagai bangsa mempunyai kepribadian dalam kebudayaan yang salah satunya silat dan lainnya banyak lagi, seperti kuliner, tari-tarian, dan perilaku nenek moyang yang semuanya mengajarkan kebaikan.

“Kuliner hampir seluruhnya dari Sabang sampai Merauke ada dan tidak habis-habisnya. Dari masakan jenis Soto misalnya, di sejumlah daerah bisa berbeda-beda namanya dari yang kondisi airnya bening, bersantan, dan lain-lain,” kata Ganjar.

Dia mengatakan pencak silat bisa untuk bela diri tetapi juga olahraga dan banyak prestasi-prestasi yang muncul di tingkat dunia silat juga sudah mulai dipentaskan olahraga kelas dunia. Hal ini, yang disiapkan khususnya untuk generasi muda bagi atlet-atlet hebat yang bertanding tidak hanya skala nasional tetapi hingga internasional. Hal ini, prestasi yang hebat.

Dia menjelaskan Bendera Merah Putih bisa berkibar di dunia internasional itu, hanya melalui para juara dan kunjungan Kepala Negara Presiden. Jadi, melalui pembinaan ini, dapat dimunculkan pendekar-pendekar yang hebat, sehingga Bendera Merah Putih akan bisa berkibar di tingkat internasional.

“Hal ini, adalah prestasi yang kita siapkan Untuk Indonesia,” katanya.

READ  Tavares berharap dukungan penuh suporter ketika jamu Persikabo 1973

Sementara itu, Ketua JPSN Muhammad Ubaidillah Suwito mengatakan acara deklarasi dukungan JPSN Solo Raya yang dihadiri langsung oleh Capres no.3 Ganjar Pranowo itu dihadiri sekitar 3.000 anggota JPSN, di De Tjolomadu Karanganyar.

“Kami memilih Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md, karena dinilai sebagai sosok yang mampu memajukan dunia pencak silat. Berdasarkan pengalaman beliau di berbagai bidang termasuk sebagai Gubernur Jawa Tengah, kami yakin Pak Ganjar Pranowo mampu memajukan pencak silat,” katanya.

Dia mengatakan pencak silat merupakan salah satu seni bela diri warisan leluhur. Untuk itu, dia berharap Ganjar-Mahfud memperhatikan lebih dunia pencak silat sehingga mampu mengukir prestasi di tingkat internasional.

“Deklarasi ini, nasional, kami berharap supaya Pak Ganjar betul-betul memperhatikan pencak silat. Negara harus hadir dan kami yakini Pak Ganjar sudah mumpuni dan berpengalaman,” katanya.

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *