Branko Ivankovic jadi nahkoda anyar timnas Tiongkok gantikan Jankovic

Jakarta (ANTARA) – Pelatih Branko Ivankovic menjadi nahkoda anyar tim nasional Tiongkok menggantikan Aleksandar Jankovic yang dipecat atas hasil buruk di Piala Asia 2023 Qatar.

Dilansir dari laman resmi AFC, Minggu, Branko Ivankovic akan mengasuh Wu Lei dan kawan-kawan menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Untuk mempersiapkan kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang, China Football Association (CFA) memutuskan, setelah penilaian para ahli, untuk mempekerjakan Branko Ivankovic sebagai pelatih kepala baru tim nasional pria China,” bunyi pernyataan CFA dikutip dari AFC.

Baca juga: China ditahan imbang tim debutan Tajikistan di Piala Asia 2023

Pelatih berusia 69 tahun tersebut sebelumnya menangani timnas Oman di Piala Asia 2023 Qatar. Bersama dengan Oman, Ivankovic gagal melenggang di babak 16 besar usai hanya menjadi peringkat ketiga di grup F dengan meraih dua poin.

Ivankovic diharapkan mampu memoles timnas China yang juga gagal lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, usai hanya menempati peringkat ketiga Grup A dengan torehan dua poin.

Pelatih asal Kroasia tersebut sebelumnya telah sempat menangani klub dari Liga Super Tiongkok, Shandong Luneng pada 2010 lalu. Bersama dengan Shandong Luneng, Ivankovic mampu mengantarkan klub tersebut menjadi juara Liga Super Tiongkok di musim perdananya.

Mantan pelatih klub Liga Jerman, Hannover 96 tersebut mempunyai pekerjaan besar dengan mengantarkan Tiongkok bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini Tiongkok berada di peringkat ketiga grup C babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan memperoleh tiga poin dari dua pertandingan. Tiongkok tertinggal dari Korea Selatan yang mengoleksi enam poin dan berada di puncak klasemen.

Tiongkok akan menghadapi Singapura pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung pada Maret mendatang.

READ  LIB tegaskan tidak ada perubahan jumlah tim di Liga 1 musim depan

Baca juga: Sananta tiba di China untuk bergabung dengan timnas U-24

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *