Tim Ahli Cagar Budaya DKI Bantah Anies: Tak Pernah Beri Rekomendasi Formula E di Monas

Jakarta – Terkait rencana Balapan Mobil Listrik Formula E, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menyatakan sudah mengantongi izin dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta via Dinas Kebudayaan DKI.  Ketika dikonfirmasi, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta Mundardjito mengatakan, TACB tidak pernah mengeluarkan rekomendasi soal penyelenggaraan Formula E 2020 di kawasan Monas, Jakarta Pusat  seperti yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mundardjito menyatakan tidak mengetahui surat rekomendasi yang dimaksud Anies. “Saya enggak tahu, kami enggak bikin (rekomendasi), saya ketuanya kan,” ujar Mundardjito, Rabu (12/2/2020).

Jika demikian adanya, maka ada beberapa hal yang menggambarkan situasi ini menurut Koordinator Masyarakat Advokasi Warisan Budaya, Johannes Marbun antara lain :

  1. Gubernur DKI sangatlah tidak menjunjung tinggi azas Profesionalitas serta melakukan Kebohongan Publik dengan menginformasikan berita bohong atau #hoax
  2. Gubernur DKI juga telah melecehkan profesi keahlian #cagarbudaya dan menganggap bahwa seolah-olah urusan kerja pemerintahan adalah menyangkut politik dan kekuasaan. Gubernur lupa bahwa urusan pemerintahan yang utama adalah urusan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Gubernur DKI yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Mendikbud harus berani berkata jujur dan mau mengakui kesalahannya. Perihal serupa yang jadi sorotan publik adalah Kasus Penghancuran Bangunan yang diduga Cagar Budaya di Kompleks Taman Ismail Marzuki. Jika tidak publik akan menilai bahwa kejujuran dan ketulusan sangat jauh dari karakter atau kepribadian dari oknum yanng saat ini menjadi Gubernur DKI. Mudah2an ini tidak terjadi. Red. #heritagewatch #savetim #savemonas #budayasaya #budayakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.