Rapat Kerja Nasional Gerakan Muda Ono Niha: Pentingnya Nilai Unggul Komparatif Berbasis Kepulauan Nias dan Global!

Foto : Peserta RAKERNAS II GEMONI bersama Bang Firman Jaya Daeli

Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Muda Ono Niha melaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) II pada Minggu, 02 Februari 2020 Bertempat di Hotel Ibis Style Jati Bening Bekasi Jawa Barat. Dalam RAKERNAS GEMONI tahun ini, turut hadir tokoh-tokoh Senior Kepulauan Nias yang juga merupakan Alumni Kelompok Cipayung, antara lain Bang Firman Jaya Daeli (Senior GMKI) dan Bang Ilham Mendrofa (Senior HMI). Kehadiran tokoh-tokoh tersebut dimaksudkan agar dapat berbagi pengalaman dan keilmuan dalam konteks Pergerakan Nasional maupun Kepulauan Nias. Hadir juga Pimpinan-pimpinan Ormas Kepemudaan Nias di Jabodetabek dalam diskusi pengantar RAKERNAS GEMONI antara lain Ketua Umum PPN, bro Evan Zebua, Ketua Umum IPNI, bro Sius Manuela, bung Vinsen Mendrofa dan Perius Telaumbanua (Ketua Cabang PMKRI Nias).

Diskusi pengantar bertujuan untuk memunculkan gagasan – gagasan visioner sebagai kultur intelektual dalam bingkai Gerakan Kepemudaan. Seluruh hadirin saling berbagi pengalaman sesuai bidang dan expertise masing-masing. Sungguh merupakan suatu momentum yang sangat bagus dan baik untuk silahturahmi dan konsilidasi pemikiran Kelompok Milenial Kepulauan Nias.

Vokus Harefa, Ketua Umum GEMONI menjalaskan bahwa RAKERNAS GEMONI kali ini merupakan RAKERNAS kedua sejak GEMONI didirikan. Tujuan RAKERNAS antara lain merumuskan program-program GEMONI tahun 2020 melalui kajian dialektis sebagai turunan dari program besar Nasional yaitu Indonesia Maju dan Kepulauan Nias sebagai basis pelayanan GEMONI. Sejak GEMONI didirikan, sudah melakukan beberapa program terutama konsolidasi di tingkat Kepemudaan yang berkaitan dengan literasi, advokasi, daya saing, dan Pancasila / Nasionalisme Kepemudaan. Brainstorming sampai evaluasi program dan struktural juga menjadi target RAKERNAS kali ini, ujar Vokus.

Bang Firman Jaya Daeli, memberikan arahan serta mengingatkan bahwa terminologi “GERAKAN” yang terdapat dalam nama GEMONI merupakan sebuah diksi penting.  Pemaknaan kata Gerakan dalam hal ini berbeda dengan Ikatan, Himpunan, Institut dan lain sebagainya, masing-masing memiliki defenisi yang berbeda. Menjadi tanggung moral seluruh fungsionaris DPP agar tetap pada visi dan misi sesuai nama Organisasi. Dalam menyusun program, diharapkan GEMONI tetap konsisten pada visi dan misinya serta spirit awal sebagai Gerakan Pemikiran, Perjuangan dan Kaderisasi. Oleh karena itu, GEMONI wajib memperhatikan aspek “Keunggulan Komparatif” dalam implementasi program sampai pada output dan evaluasi.

Dokumentasi

Firman Jaya Daeli berpesan agar GEMONI lebih meminimalisir pembicaraan yang bukan menjadi substansi perjuangan bersama.  Di Kepulauan Nias masih banyak kemiskinan, ketidakadilan, Pembabatan hutan dan lain – lain yang penting untuk disuarakan.

Bang Ilham mendrofa, berbicara tentang pengalaman-pengalaman dalam dunia Pergerakan termasuk saat menjadi PB HMI. Menurut beliau, Pemuda harus memiliki target hidup, daya kritis yang kuat, kultur intelektual, networking serta posisi tawar dalam berbagai bidang seperti sosial, politik, ekonomi dan sebagainya. Dengan mengaitkan pada persaingan global, maka GEMONI dan Pemuda lainnya harus siap dari sisi kapasitas maupun kapabilitas. Wawasan dan pengetahuan luas serta pemikiran-pemikiran brilian hanya didapatkan melalui bacaan, oleh karena itu membaca adalah suatu hal yang mutlak untuk peningkatan daya saing.

Dokumentasi

Sebagai Ononiha, menurut Bang Ilham, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Pemuda. Kebudayaan adalah salah satunya.  Budaya merupakan poin penting sebagai identitas Kepulauan Nias di mata dunia Internasional. Kebudayaan Ononiha sangat unik dan beragam, mulai dari rumah adat, kuliner, sejarah, bahasa dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya menjadi poin strategis untuk mempromosikan Kepulauan Nias di mata Dunia.

Diskusi berlangsung dalam suasana dialektis yang partisipatif. Seluruh peserta yang ada menyampaikan argumentasi dan pendapat berdasarkan pengalaman masing-masing di medan pelayanan organisasi. Setelah selesainya sesi diskusi, dilanjutkan dengan coffe break dan rapat internal GEMONI.

RAKERNAS juga diselingi dengan agenda pembubaran Kepanitiaan Seminar Kebangsaan GEMONI dalam rangkaian HUT ke-1 GEMONI dimana program ini merupakan kerjasama antara GEMONI dan Kementrian Pemuda dan Olahraga RI yang menjadikan Menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Dr. H. Zainudin Amali, M.Si sebagai Keynote Speaker.

DPP GEMONI mengucapkan terimakasih kepada Seluruh Kawan-kawan yang hadir dan Senior yang menyempatkan untuk hadir pada RAKERNAS II GEMONI. GEMONI….Maju Bersama!!!

Dokumentasi Foto :

Foto : Peserta RAKERNAS II GEMONI bersama Bang Ilham Mendrofa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.