PENGUMUMAN FINAL LOMBA FILM PENDEK GEMONI – KEMENPORA RI 2020

Foto bersama bersama GEMONI – Dewan Juri

Lomba Film Pendek Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Gerakan Muda Ono Niha (GEMONI) bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA RI) telah terselenggara dan mengumumkan kejuaraan pada Minggu, 20 September 2020. LFP GEMONI-KEMENPORA ini mengusung tema “Nasionalisme Berkebudayaan dan Berkeadaban”, diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.  Salah satu testimoni dukungan dan ajakan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia  (Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si.) pada awal penyelenggaraan lomba film pendek ini adalah berikut ini:

Pengumuman kejuaraan LFP bertempat di Gedung Theater KEMENPORA RI pada hari Minggu, 20 September yang dihadiri oleh Dewan Juri dan Tokoh Masyarakat serta Utusan dari Kemenpora RI. Pengumuman diselenggarakan secara live streaming di channel youtube penyelenggara dengan mengikuti aturan dan protokol covid-19 yang berlaku.

Berdasarkan informasi dari Ketua Umum GEMONI, Vokus Harefa, pada acara pengumuman kejuaraan LFP GEMONI 2020, telah hadir di lokasi mewakili Dewan Juri yaitu : Jajang C. Noer dan Ruby Kholifah, sementara 3 orang Dewan juri lainnya yaitu: Dr. Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan KEMDIKBUD RI) yang merupakan Ketua Dewan Juri, Rano Karno dan juga Yas Harefa tidak turut hadir di lokasi pengumuman. Namun demikian, sebelum pengumuman ini dilaksanakan, semua Dewan Juri sudah memutuskan hasil Kejuraan Lomba. Selain Dewan juri, turut hadir juga dilokasi Bapak Firman Jaya Daeli (Ketua Dewan Pembina GEMONI) dan Bapak Sumadi (mewakili KEMENPORA RI).

Dalam sambutannya, Vokus Harefa menjelaskan bahwa dalam LFP diselenggarakan sejak 27 Juli 2020 sampai 20 September 2020 ini, berhasil menarik antusias kreator-kreator film pendek dari seluruh nusantara dengan total tim yang mendaftar sebanyak 240 tim, namun setelah diproses dan dilakukan verifikasi awal, akhirnya jumlah film yang ikut lomba adalah 135 film dari 3 kategori yaitu: Kategori Umum, Kategori Mahasiswa dan Kategori Siswa.

“Kita menyadari bahwa tema LFP GEMONI kali ini merupakan tema yang sangat serius, karena berbicara tentang Pancasila, Nasionalisme, Kebudayaan dan Keadaban. Tema Nasionalisme Berkebudayaan dan Berkeadaban ini, selanjutnya diuraikan dalam masing-masing muatan film yang meliputi spirit :Kemanusiaan, Bhineka Tunggal Ika, Kejuangan, Persatuan, Kesetaraan Gender, Gotong Royong, dan Keunikan Budaya Lokal. Aprisiasi yang sangat tinggi kepada seluruh peserta, karena dalam semua film yang dikirimkan, muatan film dan tema ini mampu diterjemahkan dan diceritakan melalui karya film.  Selanjutnya kita berharap kiranya LFP ini menjadi pemantik semangat keator – kreator film Indonesia. Melalui tema lomba ini juga kiranya semangat dan jiwa Nasionalisme semakin bergelora dalam membumikan Pancasila di Nusantara. Menang ataupun belum berhasil dalam Lomba kali ini, kiranya tidak menyurutkan semangat peserta, namun menjadikan evaluasi dan semangat dalam menciptakan karya-karya yang lebih inovatif dan kreatif di masa yang akan datang”, demikian isi sambutan Ketua Umum GEMONI, Vokus Harefa.

Sebelumnya, salah satu rangkaian kegiatan lomba adalah Webinar Kebangsaan untuk membedah tema LFP  telah diselenggarakan pada tanggal 07 September 2020 lalu yang dihadiri oleh seluruh peserta LFP. Narasumber yang hadir pada Webinar Kebangsaan GEMONI tersebut antara lain Bapak Rano Karno, Bapak Firman Jaya Daeli, Ibu  Jajang C. Noer, Mewakili Kemenpora RI Bapak Muslim dan juga Mewakili Dirjen Kebudayaan KEMDIKBUD RI Bapak Andrew.

Pengumuman Pemenang, diawali dengan dialog singkat pra pengumuman untuk memberikan ulasan dan motivasi kepada peserta dalam dunia perfilman dengan host dialog salah seorang fungsionaris GEMONI, Akhirmawati Zendrato (Umbu). Dalam Dialog, Ketua Dewan Pembina GEMONI, Firman Jaya Daeli, menyampaikan pesan dan nasehat kepada generasi muda terutama kelompok-kelompok kreatif di seluruh Indonesia bahwa kaum muda menjadi garda terdepan dalam melakukan dan merealisasikan cita-cita Kemerdekaan. Termasuk dalam kepelbagaian aspek kehidupan, tolerasi, kemanusiaan, kesetaraan gender dan sebagainya.  Pemuda harus mampu mamanfaatkan momentum dan kesempatan secara kreatif, inovatif dan produktif dan efektif yang berbasis pada nilai – nilai kemanusiaan, kebersamaan, keadaban dengan landasan etik moral spiritualitas yang berkebudayaan dalam kerangka rumah besar Pancasila. Ibu Jajang C. Noer membagikan sedikit ilmu dan pengalaman dalam dunia perfilman. “Dalam membuat film, harus sungguh-sungguh dan menggunakan logika dan serta totalitas”. Ibu Ruby Kholifah, mengulas dan mengaitkan tema, film dan aspek perjuangan perempuan Indonesia. “Anak muda mesti berani mengungkap hal-hal yang dianggap tabu di tengah masyarakat dengan cara-cara kreafif-inovatif. Dan Bapak Sumadi yang mewakili KEMENPORA RI, menyampaiakan bahwa ada program-program yang relevan di Kementrian untuk menunjang bakat dan kreatifitas pemuda, perlu dikomunikasikan selanjutnya untuk merealisasikannya.

Berikut adalah Daftar Hasil Kejuaraan Lomba Film Pendek GEMONI-KEMENPORA RI 2020 :

Kategori Umum
Juara Judul Film Nama Tim Muatan Film
1 Tujuh Belas Adfuntour Key Kejuangan
2 Tangisan Ibu Pertiwi UGD Production Kejuangan
3 Melati Berbalut Debu Jalanan Edans Channel Kesetaraan Gender
4 Kayon Dinasty Film Kearifan Lokal
Kategori  Mahasiswa
Juara Judul Film Nama Tim Muatan Film
1 Re-Dream Champz Production Kesetaraan Gender
2 Siap Kak! 2 Hari Production Kejuangan
3 Desa Mawacara Negara Mawatata Bala bala Production Kearifan Lokal
4 Kampung Kite Basamo Production Bhineka Tunggal Ika
Kategori Siswa
Juara Judul Film Nama Tim Muatan Film
1 Alit Teater La Jose Kejuangan
2 Lembaran Satu Atap Kemanusiaan
3 Laskar Merah Putih 7 Lima Production Kejuangan
4 Nirbena Four Cinema Film Kemanusiaan
Juara Umum Judul Film Nama Tim Muatan Film
1 Tujuh Belas Adfuntour Key Kejuangan
2 Re-Dream Champz Production Kesetaraan Gender
3 Alit Teater La Jose Kejuangan

Juara umun 1, 2  dan 3 merupakan the best berdasarkan penilaian juri dari antara juara masing-masing kategori. Selain dana pembinaan, Juara Umum -1 Mendapatkan Trophy Penghargaan dari Bapak Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si. (Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia). Juara Umum -2 Mendapatkan Trophy Penghargaan dari Bapak Dr. Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan KEMDIKBUD RI) dan Juara Umum -3 mendapatkan Trophy Penghargaan dari Bapak Firman Jaya Daeli (Ketua Dewan Pembina GEMONI) Juara Umum -3 mendapatkan Trophy Penghargaan dari Bapak Firman Jaya Daeli (Ketua Dewan Pembina GEMONI)

Selamat Kepada Pemenang! dan Tetap Semangat Kepada peserta yang belum berhasil menjadi pemenang. Salam Pancasila, Merdeka!!! Salam GEMON, Maju Bersama!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *