Balai Bahasa Sulteng beri penghargaan pegiat bahasa dan sastra daerah

Palu – Balai Bahasa Sulawesi Tengah memberikan penghargaan kebahasaan dan kesastraan kepada masyarakat yang dinilai telah melestarikan bahasa dan sastra di daerah sebagai bentuk apresiasi pemerintah.

“Penghargaan merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada masyarakat, karena telah mempertahankan, menjaga, merawat dan memajukan bahasa atau sastra daerah maupun bahasa Indonesia di Sulteng,” kata Kepala Balai Bahasa Sulteng Asrif pada malam penganugerahan Bahasa dan Sastra di Palu, Kamis.

“Keempat kategori itu telah memenuhi penilaian juri dan dianugerahkan penghargaan sesuai dengan kategori masing-masing,” ucapnya.

Ia mengatakan penganugerahan penghargaan itu untuk mengabarkan kepada semua orang bahwa asa orang-orang yang gigih bekerja untuk daerah.

Mereka masyarakat biasa, tetapi dalam implementasinya dilaksanakan dengan tulus, yang mana kerja-kerja itu merupakan tugas dan fungsi lembaga pemerintah.

“Kegiatan ini untuk membiaskan, mengabarkan kepada generasi muda bahwa jalan bahasa dan sastra ini adalah jalan mulia, jalan yang harusnya tidak menjadi jalan sunyi,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia meminta pegiat seni dan budayawan di daerah ini dapat memperkokoh kearifan lokal melalui bahasa dan sastra, termasuk melakukan regenerasi yang dikolaborasikan dengan pemerintah dalam pembinaannya.

“Mereka bekerja tanpa henti, karena panggilan kearifan lokal, menjaga kekayaan budaya semua etnik, mereka ialah pejuang bahasa dan sastra di provinsi ini,” kata Asrif.

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info
READ  Spesialis Pencuri HP dan Penadah Diamankan Tim Buser Polres Pandeglang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *