NFT (Non Fungible Token); Ulasan Lengkap dan Cara Daftar NFT

NFT – Non-Fungible Token

Madilog.id – NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token, yang berarti token yang dapat dimiliki oleh seseorang dan dapat mewakili kepemilikan seseorang atas hal-hal tertentu. “Dikutip dari Wikipedia is a financial security consisting of digital data stored in a blockchain, a form of distributed ledger.”  Jenisnya bermacam-macam, mulai dari yang paling umum yaitu NFT Art, NFT Game, hingga NFT Music. Berikut syarat, Tentang Dan Cara Menghasilkan Uang Dari NFT.

Syarat Agar Bisa Meraup Keuntungan dari NFT

Buat Akun Di NFT Non Fungible Token Marketplace

NFT Marketplace adalah tempat pemain membeli dan menjual aset NFT. Ada juga beberapa marketplace NFT yang bisa Anda pilih, antara lain Rarible atau Axie Infinity, atau yang terbesar di pasar internasional seperti OpenSea.

Perlu dicatat bahwa setiap pasar NFT akan menawarkan spesialisasi dalam jenis aset digital yang dapat dijual dengan NFT. Jadi, pemain bisa memilih marketplace mana yang paling tepat. Setelah itu, pastikan Anda sudah memiliki akun di marketplace, sebelum memulai transaksi.

Memiliki Karya Unik Non Fungible Token

Syarat terpenting dalam menjual aset NFT tentunya adalah memiliki karya yang bisa dijadikan aset. Karyanya bisa apa saja, misalnya gambar, video, foto, dan sebagainya. Kurang lebih, langkah menjual aset NFT sama dengan menjual barang di marketplace pada umumnya, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sejenisnya. Bedanya, dalam hal transaksi, NFT menggunakan cryptocurrency dan hanya tersedia di pasar khusus.

Unggah Karya Non Fungible Token

Langkah terakhir adalah mengunggah karya digital yang telah dibuat ke marketplace NFT. Berikan informasi terperinci mengenai nama aset, batas waktu lelang, dan mata uang kripto yang dapat digunakan untuk membayar. Yang paling penting, pin rate untuk potongan. Setelah selesai, pasar NFT akan menghitung biaya jaringan blockchain ethereum atau biaya gas, sambil mencatat proses transaksi. Ada juga biaya jaringan, besarannya bervariasi, tergantung seberapa sibuk jaringan saat itu.


Ilustrasi token yang tidak dapat dipertukarkan yang dihasilkan oleh kontrak pintar (program yang dirancang untuk secara otomatis menjalankan persyaratan kontrak)

Cara Menghasilkan Uang Melalui NFT

Buat Karya Orisinal Dan Berbeda Non Fungible Token

Cara pertama adalah membuat karya orisinal yang memiliki visual berbeda dari kebanyakan NFT. Cara ini terbukti membawa banyak manfaat, seperti yang dialami oleh seniman visual FEWOCIOUS yang berhasil menjual doodle khas miliknya ke dalam bentuk NFT dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu kreator dengan pendapatan terbesar dari NFT saat ini.

Metode ini tidak hanya bisa diterapkan pada NFT Art, tetapi juga pada NFT Music dan NFT Game. Misalnya di NFT Music, Anda dapat menggunakan ketukan Anda sendiri dan untuk NFT Game, Anda dapat menemukan ide-ide baru dan unik yang dapat dituangkan ke dalam permainan. Memiliki karya orisinal dan unik dapat sangat meningkatkan nilai tambah NFT Anda.

Terhubung Dengan Royalti NFT

Tahukah Anda bahwa NFT dapat dihubungkan dengan royalti, sehingga Anda sebagai kreator dapat terus memperoleh penghasilan setiap kali NFT Anda laku di pasaran? Nah, cara ini bisa dijadikan alternatif mencari uang lewat NFT. Pasalnya, royalty fee ini juga yang membedakan karya seni konvensional yang masih menggunakan sistem “beli”.

Anda dapat menambahkan royalti ini selama proses pencetakan dengan persentase hingga 10% dari harga NFT Anda di pasar. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hingga NFT Anda terjual dan royalti akan otomatis terkirim ke dompet Anda, sesuai dengan persentase jumlah yang Anda pilih.

Lakukan Promosi Non Fungible Token

Cara terakhir adalah cara yang harus dilakukan setelah pencetakan yaitu melakukan promosi atau shilling. Di pasar konvensional, promosi telah terbukti banyak membantu meningkatkan penjualan. Hal yang sama bisa terjadi di dunia NFT. Promosi yang kamu lakukan pada NFT Anda akan membuat NFT Anda terkenal oleh masyarakat luas.

Bahkan, Anda mungkin menemukan kolektor yang secara khusus mencari seni dalam genre yang Anda gunakan. Nah, shilling ini nggak cuma bisa dilakukan di media sosial lho. Tetapi Anda juga dapat melakukan shilling di komunitas NFT, baik global maupun nasional.

Marketplace NFT Terkenal

Ada banyak marketplace NFT (Non Fungible Token) diseluruh dunia yang terkenal, tetapi dalam tulisan ini penulis akan menyebutkan 8 marketplace NFT yang terkenal dan sering dipergunakan oleh pemain NFT diseluruh dinia dan juga NFT Indonesia. Antara lain :

  1. Rarible
  2. Axie Marketplace
  3. Foundation
  4. NBA Top Shot Marketplace
  5. OpenSea
  6. SuperRare
  7. Larva Labs/ CryptoPunks
  8. Nifty Gateway

Untuk mendaftar dan mencoba terjun ke dalam dunia NFT, teman-teman bisa mengikuti dan membaca berbagai artikel tetang panduan teknis, dan salah satunya artikel ini

Demikian ulasan tentang,Tentang Dan Cara Menghasilkan Uang Dari NFT . semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *