Prabowo Janji akan Perlancar Transisi dan Dorong Privatisasi

Calon presiden Prabowo Subianto, Selasa (5/3), berjanji akan melakukan peralihan pemerintahan dengan “sangat lancar” pada Oktober tahun ini. Ia juga berjanji akan membuka pintu untuk melakukan privatisasi perusahaan-perusahaan milik negara sambil tetap mempertahankan kontrol pemerintah atas sektor-sektor ekonomi kunci.

Prabowo juga menyatakan keyakinannya bahwa pertumbuhan ekonomi dapat mencapai delapan persen per tahun dalam empat atau lima tahun ke depan.

Jendral bintang empat tersebut juga menegaskan bahwa meskipun negara dapat terus mengatur dan mempertahankan pengambilan keputusan di bidang-bidang strategis, sektor swasta harus diizinkan berkembang dan mengambil peran utama.

“Mungkin kita harus benar-benar punya program rasionalisasi dan privatisasi banyak BUMN. Negara bisa mengatur, negara bisa (memberi) pengawasan, negara juga harus punya pengambilan keputusan yang strategis di sektor-sektor strategis,” ujarnya.

Calon presiden Prabowo Subianto, kiri, dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, menyapa para pendukungnya saat berkumpul di Jakarta, 14 Februari 2024. (Foto: AP)

Calon presiden Prabowo Subianto, kiri, dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, menyapa para pendukungnya saat berkumpul di Jakarta, 14 Februari 2024. (Foto: AP)

Sejumlah BUMN yang bergerak di berbagai sektor, seperti perbankan, telekomunikasi, konstruksi dan pertambangan saat ini memainkan peran dominan dalam perekonomian domestik.

“Saya tidak mengerti misalnya mengapa kita perlu hadir di setiap sektor ekonomi … sekarang kita harus membiarkan sektor swasta menjadi lebih dominan.”

Sejumlah BUMN yang bergerak di berbagai sektor, seperti perbankan, telekomunikasi, konstruksi dan pertambangan saat ini memainkan peran dominan dalam perekonomian domestic.

Prabowo, yang berusia 72 tahun, berjanji untuk meneruskan langkah-langkah Jokowi dalam memodernisasi infrastruktur. Dia juga menyatakan niatnya untuk meningkatkan rasio pajak secara signifikan dengan memperluas basis pajak, tanpa perlu menaikkan tarif pajak.

Dia mengatakan pemerintahnya dapat memperlebar kesenjangan fiskal hingga 2,8 persen dari produk domestik bruto, dari di bawah 2 persen pada 2023, dan masih akan mematuhi pagu defisit wajib sebesar 3 persen dari PDB.

Investor mengamati dengan cermat rencana fiskal Prabowo, setelah komentar sebelumnya mengenai potensi peningkatan rasio utang Indonesia terhadap PDB menimbulkan kekhawatiran. Lembaga pemeringkat memperingatkan bahwa janji Prabowo tentang makan siang gratis di sekolah bisa berdampak besar secara finansial.

Prabowo menegaskan komitmennya untuk mempertahankan rekam jejak kebijakan fiskal yang berhati-hati di Indonesia. Namun ia tetap memandang masih ada ruang untuk meningkatkan belanja publik dan utang, mengingat rasio relatif terhadap PDB yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Prabowo juga mengatakan Indonesia akan mengupayakan swasembada pangan, yang ia optimis dapat dicapai dengan cepat, sehingga negara dapat mengekspor pangan dalam waktu empat tahun.

Dia mengatakan Indonesia terbuka untuk investasi dan pemerintahnya akan memastikan perlindungan bagi investor asing dan domestik.

‘Demokrasi Sangat Melelahkan’

Dalam pidato yang berlangsung hampir satu jam, Prabowo menyatakan bahwa Indonesia seharusnya bangga dengan pelaksanaan pesta demokrasi pada bulan lalu. Namun dia juga mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap keadaan demokrasi di Tanah Air, meski tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

“Izinkan saya membuktikan, bersaksi bahwa demokrasi itu sungguh sangat-sangat melelahkan. Demokrasi itu sangat-sangat berantakan, demokrasi itu sangat-sangat memakan biaya,” tuturnya. “Ada banyak ruang untuk perbaikan.”

Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperkirakan akan memberikan hasil perhitungan suara resmi pada 20 Maret. Jika Prabowo menang, ia akan mulai menjabat pada Oktober 2024. [ah/rs]

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info
READ  TKN Prabowo-Gibran dukung penegak hukum usut tuntas temuan PPATK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *