5 Penyanyi Cover yang Sempat Heboh karena Masalah Royalti : Okezone Celebrity

JAKARTA – Sejumlah penyanyi di Indonesia sempat terlibat masalah royalti. Pasalnya, mereka dianggap mengkomersilkan lagu tanpa seizin pencipta lagu.

Imbasnya, mereka sampai dituntut untuk meminta maaf dan mengganti rugi sejumlah uang pada sang pencipta lagu. Nahasnya, ada penyanyi yang tidak hanya satu kali tersandung kasus royalti.

Berikut, penyanyi cover yang sempat bikin heboh karena masalah royalti:

1. Via Vallen

Via Vallen

Pedangdut Via Vallen sempat dua kali terlibat masalah royalti. Di 2018, pelantun Sayang ini sempat terkena sentil oleh Jerinx SID lantaran mengcover lagu milik Superman Is Dead berjudul ‘Sunset di Tanah Anarki’.

Bukan hanya mengcover, lagu tersebut juga disebut dikomersilkan dalam bentuk DVD. Tak lama, ia juga sempat dikecam lantaran mengcover lagu BLACKPINK berjudul How You Like That.

2. Tri Suaka

Tri Suaka

Tri Suaka merupakan seorang YouTuber yang dikenal sering mengcover lagu-lagu di channelnya. Sayangnya, ia sempat dituntut oleh Erwin Agam dan band Ngatmombilung terkait royalti lagu Emas Hantaran.

Tak hanya itu, Tri Suaka juga sempat berurusan dengan band Dadali lantaran membawakan lagu mereka tanpa izin. Sampai akhirnya, Tri Suaka diminta Dadali Band untuk mengganti rugi sebesar Rp2 miliar.

3. Zinidin Zidan

Zinidin Zidan

Zinidin Zidan dituntut oleh pencipta lagu Emas Hantaran, Erwin Agam lantaran membawakan lagu tersebut tanpa izin. Bahkan band lokal Yogyakarta, Ngatmombilung, juga menuntut Zidan membayar ganti rugi terkait tudingan pelanggaran hak cipta.

Kasus tersebut diketahui cukup ramai, pasalnya sebelumnya, Zidan bersama Tri Suaka sempat memparodikan gaya Andika Mahesa alias Andika Kangen Band saat bernyanyi.



Follow Berita Okezone di Google News

READ  Jadwal Bentrok, Jo Byeong Gyu Tolak Bintangi Drama Saeraenadae : Okezone Celebrity


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Hanin Dhiya

Hanin Dhiya

Penyanyi jebolan Rising Star Indonesia, Hanin Dhiya, sempat mengalami masalah royalti dengan Payung Teduh. Pasalnya, ia dianggap telah mengkomersilkan lagu ‘Akad’ tanpa izin dari pihak Payung Teduh.

Bukan hanya itu, gadis 23 tahun itu juga mengubah sejumlah lirik lagu hingga membuat Is selaku vokalis merasa kecewa.

5. Happy Asmara

Happy Asmara

Rungkad menjadi lagu yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Diketahui, lagu tersebut diciptakan oleh artis sekaligus presenter Vicky Prasetyo dan semakin populer saat dibawakan oleh Happy Asmara.

Sayangnya, di tengah kepopuleran lagu tersebut, Vicky selaku pencipta lagu justru merasa kecewa. Pasalnya, ada banyak penyanyi yang tidak membayarkan performing rights padanya saat membawakan lagu tersebut.

Namun, ia sendiri sudah sempat berbicara dengan Happy Asmara. Bahkan, Happy sendiri kaget saat mengetahui bahwa Vicky tidak mendapatkan royalti yang sepantasnya dari lagu tersebut.


Banner

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *