Jokowi umumkan ‘postur kabinet’ – BBC News Indonesia

Jokowi umumkan ‘postur kabinet’ – BBC News Indonesia

Jokowi bersama anggota Tim Transisi, Anies Baswedan: bukan soal jumlah

Sumber gambar, Reuters

Keterangan gambar,

Jokowi bersama anggota Tim Transisi, Anies Baswedan: bukan soal jumlah

Presiden terpilih Joko Widodo tidak akan merampingkan kabinet dan akan tetap mempertahankan komposisi 34 menteri sebagaimana kabinet Indonesia Bersatu pimpinan pendahulunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam jumpa pers di Kantor Transisi, Jakarta, Senin (15/09), Jokowi menyebut bahwa kabinetnya akan terdiri dari 18 orang profesional nonpartai dan 16 profesional partai.

Saat jumpa pers, Jokowi didampingi Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla, dan para anggota Tim Transisi, seperti Rini Soemarno, Andi Widjajanto, dan Akbar Faisal.

Sebelumnya ramai diberitakan, akan ada perampingan kabinet dari kabinet SBY yang dianggap terlalu gemuk untuk mengakomodasi kepentingan partai-partai koalisi.

Tetapi anggota Tim Transisi, Akbar Faisal, kepada Christine Fransiska dari BBC mengatakan: “Perampingan itu, juga soal revolusi mental, reformasi birokrasi, bukan dalam hal jumlah. Tetapi semangat, perlakuan, dan kinerja.”

Lebih jauh, Jokowi menyebut, dari 34 menteri maka 19 kementerian tak diubah karena dipertahankan seperti sekarang. Akan ada enam kementrian yang dengan penamaan baru, enam kementerian digabung, dan ada tiga kementerian baru.

Adapun para menteri

yang akan menjabat, masih belum disinggung dalam jumpa pers karena Jokowi dan timnya masih terus menggodoknya.

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info
READ  Indonesian President, First Lady Host Gala Dinner For G20 Leaders – G20 Presidency of Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *