WNA yang ditangkap di Poso diduga dari Xinjiang – BBC News Indonesia

WNA yang ditangkap di Poso diduga dari Xinjiang – BBC News Indonesia

teroris

Sumber gambar, AFP

Empat warga negara asing berpaspor Turki yang

ditangkap di Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/09) lalu diduga adalah etnis Uighur dari Xinjiang, Cina.

Namun kepastian akan identitas mereka belum bisa diketahui karena hambatan komunikasi.

Polisi sudah mendatangkan tiga penerjemah tapi tidak banyak membantu karena keempat warga asing tersebut tidak memahaminya.

“Kami menduga mereka dari wilayah perbatasan Cina dan Mongolia, Provinsi Xinjiang,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto, kepada wartawan BBC Indonesia, Kinanti Pinta Karana.

Xinjiang adalah wilayah Cina yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan mereka hidup di bawah tekanan Beijing yang meliputi berbagai macam larangan, termasuk pembatasan kebebasan beragama.

Keempat warga negara asing yang diduga terkait dengan gerakan pro-Daulah Islamiyah atau ISIS di Indonesia itu ditangkap bersama dengan seorang anggota kelompok Majelis Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso.

“Satu dari tiga WNI yang ditangkap bersama mereka menyembunyikan buronan anak buahnya Santoso, inisialnya M,” kata Agus Rianto.

“Santoso itu kan secara terbuka sudah menyatakan mendukung ISIS dan mereka (keempat WNA) ditangkap dengan anak buah Santoso,” tambahnya.

Ikuti Madilog.id di google News

Business Info
READ   Seminar Portfest “Meningkatkan Efisiensi Logistik Di Sektor Kelautan Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *